Cara Sederhana Mengetahui Sebuah Video Hoaks atau Otentik

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
21 Mei 2020 21:47 WIB Rahmad Fauzan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Video yang beredar di Internet bisa dengan cukup mudah dicek otentisitasnya. Pencipta aplikasi Drone Emprit Ismail Fahmi dalam akun Twitter-nya belum lama ini menjabarkan cara yang bisa digunakan untuk mengetahui hal tersebut.

Langkah-langkah tersebut dapat dilakukan baik di perangkat komputer personal (laptop atau komputer) maupun ponsel pintar.

Pertama, pengguna internet bisa membuat berkas atau file khusus untuk gambar-gambar hasil tangkapan layar atau screenshot dari video-video yang beredar viral. Pastikan gambar yang disimpan adalah hal-hal unik yang terdapat di dalam video tersebut.

Menurut Ismail, semakin unik gambar yang diambil, semakin baik proses otentifikasinya. "Misal ada frame orang bawa payung, atau ada tiang bendera di tengah kerumunan," tulis Ismail seperti dikutip dari akun Twitternya @ismailfahmi, Kamis (21/5/2020).

Kedua, pengguna bisa membuka situs Yandex.com dan langsung mengklik menu 'Images'. Unggah file screenshot tadi dengan cara klik ikon 'Kamera', kemudian klik ikon 'Select a File', lalu pilih berkas gambar screenshot yang sudah dibuat.

Cara membedakan video hoaks

cara mengecek video hoaks

Situs yandex.com. Sumber : Twitter @ismailfahmi

Setelahnya, situs Yandex.com akan menampilkan sumber dari frame gambar yang diunggah. Misalnya, dari frame yang diunggah, ditemukan bahwa sumbernya berasal dari Instagram.

Ketiga, pilih gambar yang sama (similiar images). Pengunggah lalu bisa melakukan perbandingan antara video asli dan video dengan frame yang sebelumnya diunggah ke Yandex.com. Jika berbeda, terus lakukan pengecekan untuk setiap frame yang disimpan dan diunggah.

cara mengecek video hoaks

Situs yandex.com. Sumber : Twitter @ismailfahmi

Keempat, cek fakta video tersebut dengan membuat rangkuman atas penelusuran yang dilakukan dan bagikan hasil temuan ke pengguna internet lainnya. "Dengan cara ini, anda bisa cek sendiri apakah video itu hoaks, disinformasi, atau asli," kata Ismail.

cara mengecek video hoaks

Situs yandex.com. Sumber : Twitter @ismailfahmi

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia