Advertisement

Google Bikin Perangkat Pengukur Jarak Saat Pandemi Corona

Newswire
Sabtu, 30 Mei 2020 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Google Bikin Perangkat Pengukur Jarak Saat Pandemi Corona Siluet laptop dan pengguna gadget terlihat di samping proyeksi layar logo Google dalam ilustrasi foto yang diambil 28 Maret 2018. - REUTERS/Dado Ruvic

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Google membuat perangkat yang memudahkan mengatur jarak fisik di tengah pandemi Covid-19.

Salah satu protokol kesehatan saat pandemi ini berlangsung adalah menjaga jarak satu sama lain saat di tempat ramai. Selain wajib menggunakan masker, jarak sosial sangatlah penting untuk mencegah penularan virus.

Advertisement

Meski sepertinya mudah, namun protokol ini dirasa paling sulit, pasalnya tak semuanya yakin bahwa tempatnya berdiri adalah jarak yang aman satu sama lain.

Diketahui jarak sosial satu sama lain adalah satu hingga 2 meter. Hal ini tentu kesulitan untuk orang-orang yang tak bisa mengukur tanpa meteran.

Kini Google membuatnya makin mudah, dengan perangkat augmented reality yang akan memudahkan penggunanya mendapatkan jarak yang tepat.

Dilansir dari laman The Verge, untuk mengakses fitur Google ini kamu perlu masuk di halaman browser Chrome dan membuka halaman dengan alamat goo.gle/sodar untuk masuk pada perangkat bernama SODAR.

Bukan sebuah aplikasi, namun halaman tersebut akan membuka kamera ponsel kamu dan menunjukkan rentang jarak yang tepat secara nyata.

Ponsel kamu akan menggunakan augmented reality dan memberikan jarak yang tepat satu sama lain di sekitar kamu dan memberikan lingkar radius dua meter pada tampilan ponsel kamu.

Dalam pengujian SODAR digunakan Samsung Galaxy S20 dan menggambarkan akurasinya sebagai ''cukup dekat''.

Meski tak selalu akurat, namun jarak sosial ini menjadi penting dan menyadarkan siapa pun jika rentang jarak sosial akan lebih tercerahkan dengan bantuan aplikasi.

Hal ini adalah satu yang berguna daripada membayangkan visual dua meter yang tak pasti dalam menentukkan jarak sosial satu sama lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement