Penyebab Gambar Danau Memicu Ponsel Android Sering Eror, Ini Penjelasannya

Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto
01 Juni 2020 11:47 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Baru-baru ini dunia maya dihebohkan dengan peringatan dari seorang tipster, orang yang sering memberi bocoran akurat soal gawai, sebuah gambar danau bisa membuat ponsel kacau jika dijadikan wallpaper.

Tipster Ice Universe mencuitkan informasi tersebut lewat Twitter sambil menyertakan gambar yang bermasalah, terutama untuk ponsel merk Samsung.

Jika gambar tersebut dipasang sebagai wallpaper, ponsel akan hang, dengan kondisi bisa menyala, namun, sering tersetel ulang atau restart berulangkali. Tim Antara mencoba memasang wallpaper tersebut di ponsel Samsung. Ponsel memang bisa dikembalikan seperti sedia kala, namun, berisiko semua data di ponsel akan hilang.

Sejumlah situs melaporkan peristiwa ini tidak hanya berlaku untuk ponsel Samsung, laman 9to5Google menggunakan ponsel Google Pixel 2 dan Pixel 3 XL dan mengalami hal yang serupa, namun, tidak dengan Google Pixel 4 XL.

Sementara laman Android Authority menggunakan Huawei Mate 20 Pro dan ponsel tidak "hang". Belum diketahui dengan pasti apa penyebab gambar tersebut bisa menyebabkan ponsel membeku sementara, diduga berkaitan dengan rentang warna yang digunakan di gambar tersebut.

Gambar danau itu diduga menggunakan warna RGB, sementara Android membaca gambar tersebut sebagai sRGB. Ponsel yang berjalan dengan Android 11 bisa mengkonversi warna tersebut, namun, Android versi lainnya belum tentu bisa.

Laman India Times menuliskan wallpaper danau tersebut memiliki metadata berupa "Google Inc.2016" dan "Google Skia", belum diketahui mengapa ponsel tidak bisa membaca kode tersebut. Pada 2018 lalu, terdapat juga gambar titik hitam "Black Dot" yang juga bisa menyebabkan ponsel "hang" selama beberapa detik jika diklik.

Gambar seperti itu memiliki simbol tersembunyi diantara spasi yang akan meluas ketika diklik. Simbol tersebut membuat ponsel mengalami kelebihan muatan atau "overload" sehingga bisa menyebabkan "hang".

Sumber : Antara