Dengan Fleets, Twitter Kini Punya Fitur Mirip Instagram

Fleets di Twitter. - GSMArena
11 Juni 2020 23:47 WIB Akbar Evandio Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA –Twitter dalam beberapa bulan terakhir cukup aktif membawa hal-hal baru ke aplikasi media sosialnya. Salah satunya yang paling gres adalah fitur Fleets.

Fleets merupakan fitur yang menyerupai Instagram Stories atau Snapchat Stories. Seperti dikutip dari GSMArena, Kamis (11/6/2020), fitur tersebut memungkinkan para penggunanya untuk membagikan status, gambar, video atapun konten lainnya dalam waktu yang terbatas, yakni 24 jam.

Fitur ini saat ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di beberapa negara saja, yakni Brasil, Italia dan India.

Uniknya, fitur ini mengenal sistem pembatasan jumlah karakter huruf layaknya status di linimasa Twitter pada umumnya, yakni 280 huruf. Hal ini menegaskan kekhasan dan identitas yang dimiliki Twitter.

Posisi Fleets ini berada di bagian atas tampilan aplikasi Twitter, persis seperti fitur Instagram Stories di Instagram.

Namun, interaksi antarpengguna dalam fitur Fleets ini memiliki keunikan tersendiri. Para pengguna tidak dapat melakukan retweet atau menekan tombol like di status Fleets pengguna lain. Interaksi hanya dapat dilakukand dengan memberikan reaksi atas status Fleets orang lain dengan beberapa emoji atau pesan personal (direct message).

Hingga saat ini belum jelas, negara mana yang akan disasar Twitter untuk memperluas layanan dan fitur barunya tersebut.

Sebelumnya,  Twitter juga meluncurkan pembaruan lain pada awal Mei, berupa tata letak linimasa yang baru. Twitter memberikan tampilan baru pada fitur percakapan bergulir antar pengguna. Langkah itu dilakukan Twitter untuk memperjelas, siapa berbicara kepada siapa.

Selain itu, Twitter juga meluncurkan fitur lain yakni Conversation Participants. Fitur tersebut memungkinkan sebuah twit hanya dapat dibalas atau diberikan reaksi oleh pengguna terpilih.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia