UMeetMe, Aplikasi Video Conferencing Online Buatan Anak Bangsa yang Bikin Produktif

Ilustrasi aktivitas online di rumah. - Dok: Telkom/Suara.com
12 Juni 2020 00:27 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat tetap tinggal di rumah. Kendati demikian, kondisi itu tidak menjadi kendala bagi mereka yang ingin menambah keahlian dan nilai lebih, karena bisa dilakukan melalui aplikasi video conferencing online.

UMeetMe merupakan aplikasi video conferencing buatan anak bangsa yang menggelar kelas online, dengan nama #60MenitYangProduktif. Aplikasi ini diharapkan mampu membuat penggunanya semakin produktif.

Aplikasi video conferencing milik Telkom tersebut mampu memfasilitasi interaksi audio visual yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, sehingga bisa digunakan untuk menggelar kelas online dengan konten yang beragam.

"Nantinya, para peserta kelas online diharapkan dapat memahami cara penggunaan UMeetMe dan dapat menggunakannya untuk keperluan sendiri," ujar Riza Agung Nugraha Rukmana, Operational Vice President Group of Digital of Digital Business Performance & Tribe Telkom, dikutip dari Suara.com--jaringan Harianjogja.com.

Program kelas online yang berlangsung sejak Mei lalu sampai Agustus 2020 ini melibatkan banyak pihak. Tak hanya ratusan peserta, tapi juga tokoh dari berbagai keahlian dan disiplin ilmu, terutama yang memiliki banyak pengaruh terhadap masyarakat.

Mereka terdiri dari seniman, instruktur olahraga, pemuka agama, sampai disiplin ilmu khusus. Hal ini sesuai dengan aplikasi UMeetMe, yang bisa digunakan oleh siapa saja.

UMeetMe dapat digunakan oleh masyarakat luas, mulai dari anak sekolah, pekerja kantor, keluarga, ibu rumah tangga, atau siapapun yang membutuhkan kolaborasi melalui audio visual. Tidak heran jika konten pada program belajar online ini pun dibuat sangat beragam.

Beragam kelas yang dihadirkan oleh UMeetMe dalam program bertajuk #60menitYangProduktif, antara lain kelas masak, olah raga (yoga, pilates, HIIT), fotografi, keuangan dan bisnis, kesehatan, religi, dan topik-topik mengenai digital business. Meski belum menargetkan jumlah peserta, namun UMeetMe berharap, minimal ada sekitar 200 orang peserta dalam tiap kelas yang diselenggarakan.

Kemudahan penggunaan UMeetMe diharapkan akan disebarkan oleh para pengguna. Dengan demikian, jumlah pengguna dapat meningkat tajam.

Selama tiga bulan belakangan, mulai Maret 2020, terjadi kenaikan yang cukup signifikan dalam jumlah pengguna UMeetMe. Bahkan jumlah pengguna dan room yang dibuat pada April 2020 meningkat 16 kali lipat dibandingkan Maret 2020.

Di tengah persaingan aplikasi live video conferencing yang ketat, UMeetMe menyatakan, belum berpikir terlalu jauh untuk melakukan kompetisi dengan aplikasi video conferencing lainnya.

“Kami berharap dapat berkontribusi positif dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk tetap produktif pada situasi yang penuh keterbatasan ini,” kata Riza. 

UMeetMe diklaim memiliki kelebihan dari sisi security yang merupakan basic requirement untuk layanan video conference. Kelebihan lainnya, UMeetMe menyesuaikan layanan dengan perilaku masyarakat dalam menjalankan meeting.

Fitur-fitur di dalam UMeetMe juga dipastikan dapat memenuhi kebutuhan spesifik bagi aktivitas meeting yang dilakukan para pengguna. Selama Juni 2020, UMeetMe akan menggelar delapan kali kelas online dengan tema yang berbeda-beda, dengan jadwal dan tema sebagai berikut:

5 Juni : Kelas Health, Dr. Jaka Pradipta, Dokter Spesialis Pulmonologi dan Respirasi
9 Juni : Kelas Industri Digital, Pak Faizal R. Djoemadi, Chief of Digital Innovation Officer, Telkom
12 Juni : Kelas Masak, Chef Citra, Celebrity Chef
16 Juni : Kelas Financial, Julius Andrea, Financial Senior Advisor, Jouska
19 Juni : Kelas Parenting, Caca Tengker, Parenting
23 Juni : Kelas Meditasi, Aprishi Allita, Instruktur Yoga dan Meditasi
26 Juni : Kelas HIIT, Vanessa Budihardja, Sport Enthusiast (HIIT)
30 Juni : Kelas Entrepreneur, Yasa Singgih, Wirausaha, Mens Republic

Sumber : Suara.com