PS 5 Akhirnya Dirilis, Ini Spesifikasinya

Tampilan konsol PlayStation 5. - www.theverge.com
12 Juni 2020 11:37 WIB Akbar Evandio Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Sony merilis konsol terbaru mereka, Playstation 5 (PS5), yang berwujud futuristik dan berdiri secara vertikal seperti Xbox Series X.

Dikutip melalui the Verge, Jumat (12/6/2020), PS5 memiliki desain hitam-putih yang halus dan didominasi oleh dua sayap yang khas dengan satu pengiriman versi tanpa disc drive. Adapun mesin dari konsol ini berada di dalam casing hitam melengkung diapit dua panel putih menyerupai sayap yang berguna untuk menghilangkan panas dari konsol saat berjalan.

"Kami mengharapkan judul yang kompatibel akan berjalan pada frekuensi yang ditingkatkan pada PS5 sehingga mereka dapat memperoleh manfaat dari frame rate yang lebih tinggi, stabil, dan resolusi tinggi," ujar Sony.

PS5 memiliki dua varian perangkat yaitu 4K Blu-ray dan Digital Edition. Varian 4K Blu-ray tampak jauh lebih tipis dibandingkan dengan satu varian lainnya sebab perusahaan tidak menyematkan drive (hard disk).

Pada bagian bodi atas, Sony menempatkan ventilasi khusus yang berfungsi untuk pembuangan panas, berdampingan dengan USB-A dan USB-C.

Varian Digital Edition dibanderol lebih murah karena tidak didukung oleh drive. Namun, Sony belum mengungkap harga perangkat varian ini selama siaran langsungnya. Selain itu, harga dan tanggal rilis PS5 versi 4K Blu-ray juga tidak disebutkan.

Selain itu, perusahaan teknologi yang berbasis di Jepang ini juga membuat beberapa aksesori khusus untuk PS5 seperti DualSense, kamera dengan resolusi HD, headset nirkabel Pulse 3D, dan sebuah remote.

Menyoal salah satu aksesori PS5 yakni DualSense, seperti pengontrol DualShock, D-pad dan tombol akan tetap berada di bagian atas pengontrol, sementara dua stik analognya ada di bagian bawah. DualSense juga disematkan touchpad yang dipasang di tengah dan bilah lampu yang didesain ulang, dan berada di setiap sisi touchpad.

Sementara itu, PS5 ditenagai CPU AMD Zen 2 core delapan dan GPU AMD RDNA 2. Adapun, Sony juga menggunakan solusi SSD eksklusif untuk meningkatkan waktu pemuatan gim.

Kemampuan dari SSD akan menyediakan penyimpanan 852GB dan kinerja sampai 5,5GB. Perusahaan mengharuskan semua gim dipasang ke SSD internal agar cepat terbaca langsung oleh sistem.

Selain itu, konsol ini akan memanjakan mata dengan didukung resolusi 8K dan grafik 4K pada kecepatan refresh 120Hz dan audio 3D.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia