Mantan Direktur Amazon Sekarang Bekerja di Gojek

Chief Technology Officer (CTO) Group Gojek, Severan Rault. - Istimewa/Gojek
22 Juli 2020 13:27 WIB Rahmad Fauzan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Severan Rault, mantan direktur perusahaan raksasa dunia, Amazon, bergabung dengan Gojek. PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan nama Gojek menunjuk Severan Rault sebagai Chief Technology Officer (CTO).

Dalam siaran pers yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia, Rabu (22/7/2020), sebagai CTO, Severan Rault bertanggung jawab untuk keseluruhan teknologi ekosistem Gojek dalam menyediakan akses terhadap beragam layanan mulai dari transportasi dan pembayaran hingga layanan pengantaran makanan, logistik dan sejumlah layanan on-demand lainnya.

Di samping itu, dia juga mengelola tim engineering Gojek di Asia Tenggara dan India.

Severan merupakan salah satu tokoh senior di bidang engineering dengan pengalaman lebih dari 20 tahun di industri teknologi global.

Sebelumnya, dia menjabat sebagai Direktur Software Development di Amazon. Severan ikut memimpin tim yang menciptakan Amazon Prime Air yang merupakan layanan antar Amazon menggunakan pesawat nirawak (drone).

Sebelum di Amazon, Severan menjabat beberapa posisi manajemen di Microsoft, antara lain sebagai Principal Architect di Bing, mesin penelusuran web (web search engine) milik Microsoft, serta Principal Development Manager untuk Microsoft OneApp.

OneApp merupakan aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan telepon seluler yang tidak memiliki kapabilitas penuh untuk berfungsi sebagai ponsel pintar (feature phones) untuk dapat mengoperasikan aplikasi seluler.

Jenis ponsel seperti ini banyak ditemukan pada negara-negara berkembang.

Several juga mendirikan perusahaan solusi nirkabel Kikker Interactive, yang diakuisisi Microsoft pada 2008, serta perusahaan realitas maya (virtual reality) bernama Betawave yang menjadi perusahaan terakhir tempat ia bekerja sebelum bergabung dengan Gojek.

Sebagai informasi, Rault bergabung dengan Gojek pada awal tahun ini sebagai Head of Engineering untuk platform lokapasar (marketplace) Gojek, sebelum diberikan kepercayaan sebagai CTO Grup Gojek menggantikan Ajey Gore.

“Saya bergabung dengan Gojek karena misi sosial positif perusahaan. Membantu jutaan orang untuk mendapatkan penghasilan menjadi kepuasan tersendiri. Saat ini merupakan waktu yang menarik bagi Gojek karena perusahaan tengah memasuki fase penting peralihan dari startup ke perusahaan yang lebih matang," ujar Rault.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia