5 Langkah Bikin Konten Media Sosial Biar Unik dan Viral

Ilustrasi medsos
28 Juli 2020 14:27 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Era digital memberikan banyak peluang pendapatan dari berbagai sumber termasuk konten media sosial. Konten Instagram dan Youtube bisa menjadi ladang uang dengan monetisasi konten dan kolaborasi sponsor dengan brand. Anak muda dari berbagai latar belakang dan umur bisa menjadi kaya dan populer dalam waktu singkat.

Seiring dengan berjalannya waktu, berbagai macam konten membanjiri lini masa kita. Semakin lama, kita semakin haus konten.

Baca juga: Atta Halilintar Ingin Nikahi Aurel Pas Malam Tahun Baru. Kenapa?

Setiap harinya, ada satu juta video yang ditonton via TikTok, lebih dari 95 juta foto yang di-upload ke Instagram, lebih dari 500 juta tweet di Twitter, dan lebih dari 350 juta foto yang di-upload ke Facebook! Namun, dari sekian banyak konten ini, hanya kurang dari 1 persen yang bisa viral!

Dengan jumlah sebesar itu, bagaimana cara membuat konten viral dan unik di zaman now? Apa saja yang diperlukan? Melalui keterangan resmi yang diterima, 5 tips ini perlu dicatat:

1. Riset dan bahas topik spesifik

Di Indonesia, banyak topik-topik ‘tersembunyi’ yang sebetulnya memiliki basis penggemar yang besar. Ketika mau bikin konten, coba temukan niche atau kategori audience yang ingin disasar. Semakin spesifik niche-nya, semakin sedikit kompetitor.

Baca juga: Ragu dengan Keefektifan Masker Buatan Sendiri? Begini Cara Mengujinya

Misalnya, jumlah konten viral berupa prank atau review makanan mungkin sudah terlalu banyak. Bisa coba konten lain yang lebih spesifik, misalnya tips-tips budidaya tanaman hias di rumah sendiri. Konten ini makin banyak dicari selama pandemi berlangsung.

2. Jadi pertama membawa tren terbaru

Jadilah orang pertama yang menirukan atau menciptakan tren terbaru di media sosial. Salah satu caranya adalah perhatikan tren budaya pop yang sedang ada.

Bila belum punya ide, selalu bisa adaptasi konten luar negeri kok. Coba lihat Youtuber, artis Tiktok, atau akun Twitter kocak luar negeri, dan cek konten paling viralnya. Nah, ‘lokalisasi’ ke dalam Bahasa Indonesia untuk audience!

3. Konten viral membangkitkan emosi

Salah satu ciri utama konten viral adalah membangkitkan emosi. Hal-hal yang membangkitkan emosi merupakan hal-hal yang akan lebih membekas di ingatan, dan akan lebih mendorong orang untuk saling berbagi.

Berdasarkan hasil studi, iklan yang membangkitkan emosi bisa meningkatkan penjualan sampai 31 persen, sementara iklan berdasarkan fakta saja hanya meningkatkan sebesar 16 persen.

Emosi yang dimaksud bisa berupa rasa senang, takjub, kekesalan, kesedihan, haru, penasaran, dan gemas. Bisa menceritakan kerja keras dalam mengejar, latihan, atau menciptakan sesuatu dari awal sampai akhirnya berhasil. Atau bisa menunjukkan video tingkah laku hewan peliharaan atau anak kecil yang sedang berulah.

4. Rajin analisa data

Intuisi memang penting dalam proses membuat konten viral. Namun, jangan hanya mau viral cuma dari satu konten saja. Untuk setiap konten yang dibuat, lihat kembali data penontonnya. Menganalisa data penonton bisa memberikan gambaran soal konten mana yang disukai dan tidak, analisis demografi audience, sampai waktu terbaik untuk posting. Data-data ini bisa dijadikan basis untuk buat konten selanjutnya!

5. Konsisten bikin konten

Kunci utama untuk bikin konten viral di platform manapun adalah dengan mengunggah foto atau video secara konsisten. Banyak platform media sosial yang mengutamakan keviralan lebih mementingkan kreator ketimbang pengguna.

Konten yang viral adalah konten yang di-share ulang oleh banyak orang. Namun, konten yang punya kesempatan viral, adalah konten dari kreator yang konsisten posting.

Makanya, platform seperti Youtube misalnya memberikan rekomendasi atau kesempatan viral lebih banyak bagi kreator yang bisa selalu upload, terutama dengan ide-ide baru! Seperti ikuti challenge mingguan dari Fruitamin Cocobit dengan inspirasi #SegarBerkonten dan challenge menarik, seperti video tebak harga takjil, sampai mengirimkan tebak-tebakan receh yang kamu punyai. Ini merupakan kesempatan baik buat bereksperimen dan mencoba bikin konten viral.

Sumber : Suara.com