Advertisement

Microsoft Berencana Mengakuisisi TikTok di AS

Asteria Desi Kartika Sari
Sabtu, 01 Agustus 2020 - 11:07 WIB
Budi Cahyana
Microsoft Berencana Mengakuisisi TikTok di AS Logo TikTok - Bloomberg/Lam Yik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Microsoft Corp melirik akuisisi operasi TikTok di Amerika Serikat.

Dilansir dari Bloomberg, kesepakatan itu akan memberi perusahaan perangkat lunak layanan media sosial yang populer dan mengurangi tekanan pemerintah AS terhadap pemilik China dari aplikasi berbagi video.

Advertisement

Pemerintahan Trump telah mempertimbangkan apakah akan mengarahkan ByteDance Ltd. yang berbasis di China untuk melepaskan sahamnya dalam operasi TikTok AS. Akan tetapi, potensi risiko keamanan nasional kerena kendali perusahaan di China terhadap aplikasi masih dalam penyelidikan.

Sementara pemerintah siap untuk mengumumkan pesanan secepatnya, menurut berbagai sumber yang mengetahui masalah ini mengatakan, bahwa keputusan itu ditahan, sambil menunggu tinjauan lebih lanjut oleh Presiden Donald Trump.

Juru bicara untuk Microsoft dan TikTok menolak mengomentari potensi pembicaraan. Ketertarikan perusahaan perangkat lunak pada aplikasi dilaporkan sebelumnya oleh Fox Business Network.

“Kami melihat TikTok. Kami mungkin akan melarang TikTok.Kami mencari banyak alternatif sehubungan dengan TikTok,”kata Trump kepada wartawan Jumat di Gedung Putih.

ByteDance membeli Musical.ly Inc. pada tahun 2017 dan menggabungkannya dengan TikTok, menciptakan hit media sosial di AS. Ketika TikTok menjadi lebih populer, para pejabat AS semakin khawatir tentang potensi bagi pemerintah Tiongkok menggunakan aplikasi untuk mendapatkan data tentang warga AS.

Komite Investasi Asing di AS memulai review pada 2019 tentang pembelian Musical.ly. Dalam beberapa tahun terakhir, CFIUS, yang menginvestigasi akuisisi bisnis AS di luar negeri, telah mengambil peran yang jauh lebih agresif dalam meninjau dan menyetujui kesepakatan yang dapat mengancam keamanan nasional.

Hal tersebut dapat menjadi rekomendasi presiden untuk memblokir atau melepas transaksi.

Rekan-rekan industri Microsoft - Facebook Inc., Apple Inc., Amazon.com Inc. dan Alphabet Inc. cocok dengan profil calon pelamar, meskipun semua berada di bawah pengawasan antitrust dari regulator AS, yang kemungkinan akan mempersulit kesepakatan.

Pembelian TikTok akan menjadi kudeta besar bagi Microsoft, yang akan mendapatkan aplikasi konsumen populer yang telah memenangkan hati orang-orang muda dengan video tarian yang mantap, klip sinkronisasi bibir, dan meme viral.

Perusahaan telah mencoba-coba investasi media sosial di masa lalu, tetapi belum mengembangkan layanan populer sendiri di sektor yang menguntungkan. Microsoft mengakuisisi perusahaan pencari kerja dan jaringan perusahaan LinkedIn sebesar US$ 26,2 miliar pada tahun 2016.

Microsoft dapat menunjuk pada satu akuisisi yang datang dengan komunitas besar pengguna di bawah kepemilikannya, kesepakatan itu terjadi pada 2014 untuk Minecraft, permainan video terlaris yang pernah ada.

Pembelian layanan populer lainnya berjalan kurang baik. Pengambilan Skype pada tahun 2011 menyebabkan stagnasi beberapa tahun untuk layanan panggilan suara dan Microsoft tertinggal di belakang produk-produk baru dalam kategori tersebut.

"Di luar Xbox, perusahaan tidak berfokus pada konsumen yang lebih muda. Kesepakatan TikTok dapat mengubah itu, dan memberi Microsoft "permata mahkota di depan media sosial konsumen," Dan Ives, Analis di Wedbush Securities.

TikTok telah berulang kali menolak tuduhan bahwa itu memberi makan data pengguna ke China atau terikat ke Beijing, meskipun ByteDance berbasis di China.

TikTok sekarang memiliki chief executive officer yang berbasis di AS dan ByteDance telah mempertimbangkan untuk membuat perubahan organisasi lainnya untuk memuaskan otoritas AS.

"Kami termotivasi oleh semangat dan kreativitas mereka, dan berkomitmen untuk melindungi privasi dan keselamatan mereka," kata Juru Bicara TikTok.

Adapun, Senator AS Josh Hawley, seorang Republikan Missouri, dan Richard Blumenthal, seorang Demokrat Connecticut, menulis kepada Departemen Kehakiman meminta penyelidikan apakah TikTok telah melanggar hak-hak konstitusional Amerika dengan berbagi informasi pribadi dengan pemerintah China.

Kesepakatan dengan Microsoft berpotensi membantu mengekstrak ByteDance dari perang politik antara AS dan China.

Senator A.S. Marco Rubio, seorang Republikan Florida dan anggota Komite Intelijen Pilih Senat, memuji gagasan penjualan TikTok.

"Dalam bentuknya saat ini, TikTok mewakili potensi ancaman terhadap privasi pribadi dan keamanan nasional kita," kata Rubio dalam sebuah pernyataan.

“Kita harus melakukan lebih dari sekadar menghapus ByteDance. Ke depan, kita harus menetapkan kerangka kerja standar yang harus dipenuhi sebelum aplikasi berbasis asing yang berisiko tinggi diizinkan beroperasi di jaringan dan perangkat telekomunikasi Amerika. "

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

LKPJ Gubernur DIY 2023, DPRD Beri Catatan soal Penurunan Kemiskinan Belum Capai Target

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement