Advertisement

Trump Akan Larang TikTok di Amerika

Amanda Kusumawardhani
Sabtu, 01 Agustus 2020 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Trump Akan Larang TikTok di Amerika Logo TikTok/Bloomberg - Lam Yik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump bakal melarang operasi TikTok di AS menyusul adanya kekhawatiran pencurian data oleh China melalui platform tersebut.

Kontroversi mengenai TikTok di antara ketegangan geopolitik AS dengan China terus bergerak liar mulai dari pelarangan operasional, akusisi oleh investor AS, hingga pemilihan presiden AS.

Advertisement

“Selama TikTok membuat kami khawatir, kami akan melarangnya di Amerika Serikat. Segera, larangan segera dilakukan. Maksud saya, secepatnya,” kata Trump, dikutip dari Bloomberg, Sabtu (1/8/2020).

Trump mengklaim dirinya memiliki kewenangan untuk melarang operasional aplikasi social media yang dimiliki oleh ByteDance Ltd., salah satu perusahaan teknologi China.

“Saya akan menandatangani dokumennya besok [Minggu, 2 Agustus]” ujarnya cepat saat mendarat di Washington dari kunjungannya ke Florida.

Keputusan Trump untuk melarang operasi TikTok di AS seketika membatalkan rencana Microsot Corp.  yang dikabarkan tengah menimbang langkah akusisi Tiktok.

Dia menyebutkan tidak terkesan sama sekali dengan rencana Microsoft tersebut. “Itu bukan kesepakatan yang ingin saya dengar, bahwa mereka akan membeli dan menjual. Dan Microsoft serta lainnya. Kami bukan perusahaan M&A [merger and acquisition],” tekannya.

Sementara itu, juru bicara TikTok menyatakan TikTok telah mempekerjakan hampir 1.000 orang di AS pada tahun ini dan akan terus merekrut sekitar 10.000 tenaga kerja di Negeri Paman Sam.

“Data pengguna TikTok AS berada di sini [AS] dengan pengawasan ketat. Investor terbesar TikTok berasal dari AS. Kami berkomitmen untuk melindungi keamanan data pengguna,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement