Laman Google Doodle Tampilkan Gambar Khusus HUT ke-75 Kemerdekaan RI

Ilustrasi Google Doodle untuk merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia - Google
17 Agustus 2020 14:27 WIB Aprianto Cahyo Nugroho Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Google menampilkan gambar khusus dalam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 pada laman Google Doodle.

Dikutip dari Google, ilustrasi kemerdekaan ini merupakan karya seniman yang tinggal di Jakarta, Martcellia Liunic. Menurutnya, ilustrasi ini menggambarkan moto nasional Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika.

Ilustrasi dalam Doodle ini menyoroti keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia dengan ilustrasi seperti harimau Sumatra dan bunga Rafflesia Arnoldi, yang menjadi contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah.

BACA JUGA : Loh, Palestina Tidak Ada di Google Maps dan Waze. Kok Bisa 

Selain itu, karya seni ini juga menggambarkan simbol-simbol kemerdekaan, termasuk ilustrasi permainan panjat pinang. Permainan ini merupakan salah satu simbol terpopuler dalam menyambut kemerdekaan.

Seperti diketahui, permainan ini membutuhkan kerja sama untuk mencapai puncak tiang yang licin dan mendapatkan hadiah yang digantung di atas tiang pinang. Lebih dari sekedar permainan, panjat pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

Martcellia mengatakan ilustrasi ini terinspirasi dari kebiasaan dan tradisi dalam merayakan kemerdekaan di masyarakat, termasuk menghias lingkungan dengan tema kemerdekaan, lomba 17-an, serta upacara bendera.

“Saya tidak hanya ingin menggambarkan perayaan kemerdekaan di Doogle, tetapi juga pentingnya Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda tetap satu jua,” ungkapnya, seperti dikutip dari Google.

BACA JUGA : Google Berdayakan Perempuan, Ini Langkah yang Dipilih

Martcellia menekankan bahwa Indonesia merupakan salah satu masyarakat yang paling beragam secara etnis yang jumlahnya lebih dari 1.300 kelompok etnis, dengan setidaknya 95 persen merupakan etnis asli nusantara.

Ia juga ingin menggambarkan keindahan alam Indonesia seperti pegunungan, laut, dan beberapa flora fauna yang luar biasa seperti harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia