Advertisement

Antisipasi Zoombombing, Ini Cara Agar Rapat Zoom Berjalan Aman

Amanda Kusumawardhani
Minggu, 13 September 2020 - 11:37 WIB
Nina Atmasari
Antisipasi Zoombombing, Ini Cara Agar Rapat Zoom Berjalan Aman Aplikasi zoom

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Rapat dengan media online Zoom menjadi cara baru di masa pandemi Covid-19. Namun, metode ini rawan terjadi masalah. Istilah Zoombombing atau masuknya orang tak dikenal dalam rapat Zoom dengan memanfaatkan sistem keamanan yang lemah seringkali dialami oleh para pengguna aplikasi ini.

Mengutip phonearena.com, (Minggu 13/9/2020), baru-baru ini Zoom memperkenalkan fitur keamanan yang disebut Two-Factor Authentication (2FA). Dengan fitur ini administrator Zoom dapat menambahkan lapisan-lapisan tambahan untuk melindungi peserta rapat.

Advertisement

Bagaimana cara menggunakannya?

2FA mengharuskan anda untuk menggunakan dua cara atau lebih untuk mengautentikasi akun kepemilikan atas akun anda.  Metode autentikasi ekstra tersebut dapat mencakup kata sandi dan nomer PIN, konfirmasi dari perangkat seluler, atau sidik jari.

Baca juga: Disnaker DKI Jakarta Sebut 84 Wartawan MNC Positif Corona

Dengan menggunakan metode tersebut, risiko masuknya orang yang tak dikenal dalam rapat Zoom bisa diminimalisasi. Pasalnya, untuk masuk ke dalam akun tersebut, orang tak dikenal itu setidaknya harus menebak sejumlah autentikasi ekstra yang anda tambahkan.

2FA sebenarnya bukan konsep baru, Google misalnya telah menggunakan metode keamanan semacam ini yang mengharuskan penggunanya memasukkan sejumlah autentikasi esktra. Dalam berbagai kesempatan, jika anda tidak merasa aman terhadap akun online, tak ada salahnya untuk mengaktifkan opsi verifikasi ekstra.

Bagaimana cara mengaktifkan fitur 2FA pada akun anda?

Mengaktifkan 2FA pada akun Zoom saat ini harus menjadi prioritas bagi semua pengguna aplikasi ini. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya :

  1. Sign in ke Zoom Dashboard
  2. Pada menu navigasi, klik Advanced, kemudian Security
  3. Aktifkan Sign in with Two Factor Authentication

Setelah melakukan serangkaian langkah di atas, anda sudah mengaktifkan fitur 2FA dengan pilihan spesifik. Ketika sudah menyelesaikan langkah tersebut, lalu klik Save.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement