ROG Strix SCAR Edition, Resep untuk Menang di Segala Permainan

Laptop Asus. - Ist.
14 September 2020 06:17 WIB Media Digital Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Apa yang membuat sebuah laptop gaming berbeda dari laptop mainstream? Jika Anda mengira bahwa hanya performa dan tampilan fisik yang membuat laptop gaming berbeda, maka Anda keliru. Ada banyak hal di laptop gaming yang tidak bias ditemukan di laptop mainstream atau non-gaming.

Performa dan tampilan fisik memang merupakan beberapa daya tarik dari sebuah gaming laptop, namun ASUS ROG Strix SCAR Edition bukan laptop gaming biasa. Laptop gaming ini telah dirancang secara khusus agar dapat membawa Anda selangkah lebih dekat dengan kemenangan di setiap sesi permainan.

ASUS ROG Strix SCAR Edition merupakan salah satu varian laptop gaming ASUS Republic of Gamers yang khusus dirancang untuk gamer yang sangat kompetitif. Para gamer tersebut tidak hanya membutuhkan laptop gaming dengan performa yang kencang, tetapi juga harus bisa mengakomodasi kebutuhan mereka yang lain seperti layar yang memiliki respons kencang serta kemampuan untuk menampilkan framerate yang tinggi. Performa pendinginan juga harus sangat diperhatikan karena laptop seperti ASUS ROG Strix SCAR Edition biasanya digunakan untuk bermain game dalam waktu yang panjang.

Pertanyaan selanjutnya, bagaimana ASUS ROG Strix SCAR Edition bisa lebih unggul dari laptop lainnya?

Ditenagai Prosesor 10th Gen Intel Core High Performance

ROG Strix SCAR Edition merupakan salah satu laptop gaming terbaru yang ditenagai oleh 10th Gen Intel Core High Performance Processor. Berbeda dengan prosesor 10th Gen Intel Core yang ada di laptop pada umumnya, prosesor ini dirancang khusus untuk menaklukkan semua jenis aktivitas Anda, mulai dari bermain game AAA, melakukan video editing, hingga membuat animasi.

10th Gen Intel Core High Performance Processor juga telah dirancang untuk kegiatan multitasking. Tidak hanya hadir dengan clock speed yang lebih tinggi, varian prosesor ini juga memiliki jumlah core dan thread yang lebih banyak yaitu hingga 8 core dan 16 thread. Konfigurasi tersebut tidak hanya memungkinkan multitasking yang lebih lancar, tetapi juga performa ekstra bagi aplikasi yang dapat berjalan menggunakan prosesor multithread.

Layar 300Hz, Paling Kencang di Kelasnya

ROG Strix SCAR Edition merupakan latop gaming yang memiiki layar paling kencang di dunia. Refresh rate pada layar di laptop ini mencapai 300Hz, yang artinya ROG Strix SCAR Edition dapat menampilkan hingga 300 frame per detiknya. Bagi gamer profesional layar dengan refresh rate tinggi sangat diperlukan karena berpengaruh langsung pada kualitas animasi yang ditampilkan. Semakin tinggi frame yang bisa ditampilkan per detiknya, semakin mulus animasi yang ditampilkan dalam sebuah game sehigga gamer bisa melihat setiap detail gerakan yang disajikan.

Tidak sampai disitu, layar yang kencang tersebut juga ditemani oleh response time yang juga sangat rendah yaitu hingga 3ms. Response time yang lebih rendah memungkinkan jeda waktu antara input dari mouse dan keyboard dapat diminimalisir. Pada akhirnya gamer memiliki respon yang lebih kencang di dalam game, memungkinkan setiap aksi dapat dieksekusi lebih cepat dan akurat.

Mainkan Game Tanpa Kendala

ROG Strix SCAR Edition merupakan salah satu laptop ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor 10th Gen intel Core High Performance. Varian tertingginya menggunakan prosesor Intel Core i9-10980HK hadir dengan bosst clock hingga 5,3GHz dan menggunakan konfigurasi 8 core serta 16 thread. Prosesor tersebut juga ditemani oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER sehingga dipastikan dapat menjalankan game-game terkini tanpa masalah.

Mendukung duet CPU dan GPU-nya, ROG Strix SCAR Edition mengadopsi penyimpanan super cepat yaitu M.2 NVMe PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas hingga 1TB. Sementara memori sistemnya mengandalkan RAM DDR4 3200Mhz berkapasitas hingga 32GB. Setiap komponen di ROG Strix SCAR Edition hadir dan dirancang khusus untuk menghadirkan Pengalaman bermain game terbaik.

Merasa penyimpanan di laptop gaming ini kurang lega? ASUS menyediakan hingga 2 slot penyimpanan M.2 PCIe ekstra yang bisa Anda gunakan. Dengan total 3 slot penyimpanan tersedia, dua di antaranya dapat dikonfigurasikan secara RAID 0, khusus bagi Anda yang menginginkan performa penyimpanan ekstra kencang.

Sebagai laptop modern, ROG Strix SCAR Edition telah menggunakan WiFi 6 (802.11ax) sebagai fasilitas koneksi utamanya. WiFi 6 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya, sehingga kini Anda bisa menikmati koneksi nirkabel dengan latensi lebih rendah serta kecepatan lebih tinggi di ROG Strix SCAR Edition. Ingin koneksi yang lebi stabil? ASUS juga tetap menyediakan port LAN di laptop gaming ini.

Tetap Dingin Selama Bermain Game

Mengusung spesifikasi tinggi berarti membutuhkan system pendingin yang tepat. ROG Strix SCAR Edition hadir dengan system pendingin khusus yang ditenagai oleh dua kipas serta serangkaian ventilasi yang dirancang khusus agar seluruh komponen di dalam latop ini tidak mengalami overheat. Berbeda dengan laptop gamin lain yang ada di pasar saat ini, ROG Strix SCAR Edition telah menggunakan liquid metal dari Thermal Grizzly sebagai pengganti thermal paste.

Liquid metal memiliki performa penghantaran panas yang lebih baik ketimbang silikon yang digunakan di thermal paste standar. Berkat penggunaan liquid metal, ROG Strix SCAR Edition dapat tampil dengan suhu CPU yang lebih rendah tepatnya hingga 4 derajat Celcius.

Desain Khas Gaming

ROG Strix SCAR Edition merupakan laptop yang dirancang khusus dan mengedepankan performa. Desainnya sendiri mengacu kepada laptop konsep yang merupakan hasil kerja sama antara tim ASUS ROG dengan BMW Designworks Group. Ada beberapa bagian yang memperjelas hasil kerjasama tersebut, salah satunya adalah desain engsel layar yang tersembunyi ketika laptop dalam keadaan tertutup.

Tidak hanya itu, ROG Strix SCAR Edition juga hadir dengan desain bernuansa gaming yang sangat kental. Di bagian sekitar keyboard-nya, laptop gaming ini hadir dengan tampilan pola cyper-text yang sangat futuristik. Menambah kental nuansa gaming-nya, di bagian bawah ROG Strix SCAR Edition juga terdapat wrap-around RGB LED yang bisa diatur sesuai dengan keinginan penggunanya.

Keystone II yang Lebih Canggih

Fitur Keystone kembali hadir di ROG Strix SCAR Edition. Kali ini, ASUS memperkenalkan versi terbarunya yaitu Keystone II. Berbeda dengan versi pertamanya, Keystone II kini dapat diprogram untuk melakukan berbagai macam aksi saat dilepas atau dipasangkan ke bodi ROG Strix SCAR Edition. Beberapa skenario yang dapat dilakukan adalah membuka program khusus saat keystone dipasang, atau mengunci laptop saat Keystone II dilepas.

Sama seperti pendahulunya, Keystone II juga masih dapat difungsikan sebagai kunci fisik untuk mengembalikan profile pribadi di Armoury Crate. Selain itu KeyStone II juga bisa digunakan untuk membuka Shadow Drive, yaitu drive tersembunyi yang hanya bisa diakses saat Keystone II dipasangkan.

ROG Strix SCAR Edition hadir dalam dua varian, yaitu ROG Strix SCAR 15 (G532) dan ROG Strix SCAR 17 (G732). Keduanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp31.999.000.