Advertisement

Wow, Cloud Computer Seukuran Telapak Tangan Diluncurkan

Akbar Evandio
Jum'at, 18 September 2020 - 05:57 WIB
Sunartono
Wow, Cloud Computer Seukuran Telapak Tangan Diluncurkan Alibaba - alibabagroup.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Perusahaan komputasi awan, Alibaba Cloud meluncurkan Cloud Computer, yaitu perangkat komputer pribadi (PC) mini yang pertama dibuat Alibaba Cloud dalam gelaran Apsara Conference 2020

Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence mengatakan, komputer ini memiliki bentuk yang ringkas dengan hanya berukuran setelapak tangan dan memiliki berat kurang dari 60 gram.

Advertisement

BACA JUGA : Kenalkan Produk Cloud Terbaru, Biznet Sasar Anak Muda DIY

“Dengan hanya menghubungkan Cloud Computer ke layar komputer, pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi awan yang hampir tak terbatas, dengan model biaya berlangganan atau membayar sesuai penggunaan,” ujarnya dalam gelaran Apsara Conference 2020, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa komputer tersebut juga memiliki daya komputasi yang kokoh sehingga dapat mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit dibandingkan menggunakan PC tradisional.

“Selain itu, pembaruan sistem Cloud Computer dapat dilakukan secara daring, menghemat sebagian besar biaya pembuatan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya, pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi dan program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

BACA JUGA : Anda Pemuda Kreatif? Siap-Siap Tahun Depan Ada 20.000

“Kami berharap Cloud Computer ini dapat membantu orang-orang mengakses daya komputasi yang tangguh kapanpun mereka membutuhkannya, sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya membutuhkan PC yang canggih dan kokoh, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan online bagi pelanggan, sekarang dapat diakses hanya dengan PC kecil di tangan,” katanya.

Namun, untuk tahap awal Cloud Computer hanya akan tersedia bagi pelanggan perusahaan. Dan dalam waktu dekat, Cloud Computer juga direncanakan akan tersedia untuk konsumen individu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disnakertrans Bantul Segera Buka Posko Aduan THR

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement