Kecuali Pengguna Premium, Mode Picture-in-Picture iOS 14 Tidak Berfungsi pada Youtube

Logo youtube - Akbar Evandio
19 September 2020 11:57 WIB Krizia Putri Kinanti Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA -- Salah satu fitur besar baru iOS 14 adalah mode gambar-dalam-gambar (picture-in-picture), yang memungkinkan pengguna menonton video di jendela kecil saat melakukan hal lain di iPhone.

Itu bisa berguna jika Anda, katakanlah, ingin menonton video YouTube di Safari sambil mengobrol dengan teman atau memeriksa email. Namun sayangnya, tampaknya YouTube telah melakukan sesuatu untuk menghentikan video agar tidak terus diputar saat mode PIP diaktifkan - kecuali Anda membayar untuk YouTube Premium.

Coba anda praktekkan sendiri. Tarik video di situs web YouTube di Safari pada iPhone Anda dan lihat dalam layar penuh. Jika Anda mengetuk untuk menarik kontrol pemutaran, Anda akan melihat ikon gambar-dalam-gambar di sudut kiri atas layar Anda.

BACA JUGA : Youtube dan Netflix Bersaing, Siapakah Pemenangnya

Ketuk itu, dan video sebentar masuk ke jendelanya sendiri sebelum kembali ke tempat biasanya di situs YouTube. Dan jika Anda mencoba kembali ke layar beranda saat menonton video dalam layar penuh, Anda akan melihat bahwa video itu sekejap beralih ke mode gambar-dalam-gambar sebelum menghilang.

Menariknya, seperti yang dikutip dari TheVerge, Sabtu (19/9/2020), Anda dapat menonton video YouTube dalam mode gambar-dalam-gambar jika ditonton di situs web. Dan jika Anda memiliki YouTube Premium, gambar-dalam-gambar berfungsi seperti yang diharapkan. Tapi itu tidak berfungsi dengan baik jika Anda adalah pengguna gratis. Ini tidak terjadi baru-baru ini seperti kemarin.

Mode Picture-in-picture masih berfungsi dengan video YouTube di Safari jika Anda menggunakan iPad, terlepas dari apakah Anda punya akun gratis atau Premium.

BACA JUGA : Wow, Simpel Sekali. Begini Cara Nonton Youtube Tanpa Iklan

Tidak jelas apakah ini bug atau jika YouTube menghapus fungsinya dengan sengaja. Untuk aplikasinya sendiri, YouTube membatasi kemampuan untuk memutar video di latar belakang untuk pelanggan YouTube Premium. Tampaknya masuk akal bahwa YouTube ingin membatasi gambar-dalam-gambar untuk pelanggan yang membayar.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia