Ini Tips Membuat Firefox Tak Sekadar Browser..

Optimalisasi akun Firefox
27 September 2020 08:27 WIB Gombang Nan Cengka Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Aplikasi peramban, termasuk Firefox, selalu menawarkan penggunaan akun untuk membuka aplikasi penelusur web tersebut. Kendati tidak wajib, akun peramban banyak memberikan manfaat bagi penggunanya.

Akun Firefox (Firefox Account) bukan merupakan syarat wajib buat menggunakan peramban Firefox. Meskipun begitu, membuat akun ini bisa bermanfaat tidak hanya untuk mendayagunakan fitur Firefox lebih jauh, tapi juga buat layanan daring lain yang disediakan Mozilla.

Membuat akun Firefox dapat dilakukan dari dalam aplikasi peramban. Sebagai alternatif, bila Anda sedang berada di peranti tanpa peramban Firefox, Anda bisa membuka laman web accounts.firefox.com. Anda harus membuat akun dengan menggunakan alamat surel yang sah.

BACA JUGA : Whatsapp Web Bisa Dipakai untuk Dua Akun, Ini Caranya 

Di laman web accounts.firefox.com kita bisa melakukan pengaturan akun lebih jauh, misalnya memasukkan nama (tidak wajib), menambahkan foto, memasukkan alamat surel alternatif, serta mengaktifkan autentikasi dwifaktor.

Di sini Anda juga bisa melihat peranti dan aplikasi mana saja yang terhubung ke akun Firefox. Ini termasuk peramban komputer (desktop), peramban mobile, serta aplikasi seperti Firefox Lockwise.

Penyelaras data

Salah satu manfaat utama memiliki akun Firefox adalah untuk mendayagunakan fitur penyelarasan data. Data yang dapat disinkronisasikan adalah markah buku, riwayat penelusuran web, kata sandi, pengaya peramban, preferensi, dan tab yang sedang dibuka.

Fitur penyelarasan data ini hanya dapat dimanfaatkan maksimal di versi desktop. Bila Anda menggunakan peramban mobile (seperti Firefox for Android), setelan pengaya peramban belum dapat disinkronisasikan karena belum semua pengaya peramban untuk desktop tersedia di versi mobilenya.

Firefox Monitor

Akun Firefox juga dapat digunakan untuk layanan lain dari Mozilla, yaitu Firefox Monitor. Layanan ini berguna untuk memantau informasi kebocoran data yang terjadi di layanan daring. Banyak layanan daring mensyaratkan kita untuk membuat akun menggunakan alamat surel. Anda dapat memasukkan alamat surel tersebut di Firefox Monitor untuk dipantau.

BACA JUGA : Karawitan Dituntut Adaptif dengan Perkembangan Teknologi

Alamat surel yang bisa dipantau tidak terbatas pada surel yang Anda gunakan untuk masuk log di akun Firefox. Bila alamat surel Anda muncul di laporan kebocoran data, Firefox Monitor akan memberitahukan kebocoran itu kepada Anda. Firefox Monitor menggunakan data yang dilaporkan oleh Have I Been Pwned (https://haveibeenpwned.com/).

Pocket

Pocket (getpocket.com) adalah layanan Mozilla lain yang bisa menggunakan akun Firefox. Pocket adalah layanan untuk menyimpan artikel di laman web dan menampilkannya dalam bentuk yang lebih mudah dibaca.

Pocket tersedia sebagai laman web, pengaya peramban (baik Firefox maupun Chrome), dan aplikasi ponsel Android dan iPhone.

Karena Pocket sendiri sebenarnya adalah layanan eksternal yang kemudian diakuisisi oleh Mozilla, Anda masih bisa menggunakan cara lain seperti akun Google dan surel untuk masuk log.

Layanan Lain

Bila Anda tidak menggunakan peramban Firefox di ponsel, tetapi masih ingin mengakses kata sandi yang tersimpan di sana, Anda bisa menggunakan Firefox Lockwise. Aplikasi terpisah ini berfungsi sebagai pengelola kata sandi untuk ponsel Android dan iPhone.

Akun Firefox juga sebenarnya digunakan oleh layanan Mozilla lainnya yaitu Firefox Send dan Firefox Notes. Namun, dua layanan ini rencananya akan ditutup oleh Mozilla.

Meskipun begitu, ada kemungkinan akun Firefox juga akan bisa digunakan dengan layanan Firefox lainnya. Salah satu layanan eksperimental yang sudah menggunakannya adalah Firefox Relay (layanan alamat surat anonim).

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia