ASUS TUF Gaming F15, Ketika Laptop Gaming Hepat Tak Perlu Mahal

ASUS TUF Gaming F15 - asus.com
28 September 2020 07:07 WIB Media Digital Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Laptop gaming tentu saja tidak bisa dipisahkan dari performa, karena bermain game merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan performa komputasi dan grafis yang tinggi. Performa komputasi dan grafis juga semakin dibutuhkan karena pengembang game semakin berlomba-lomba untuk menciptakan game dengan grafis yang semakin realistis. Sementara di sisi lain, perkembangan eSports yang sangat pesat membuat gamer semakin menginginkan game kompetitif berjalan dengan framerate yang tinggi. Tentunya untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut, sebuah laptop gaming modern wajib mengusung hardware terkini dan spesifikasi tinggi. Tentunya hal tersebut akan membuat harganya semakin mahal bukan? Tidak juga.

Cobalah lirik ASUS TUF Gaming F15 (FX506LH), laptop gaming yang hadir dengan harga terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh gamer dengan dana yang lebih terbatas. Meski harganya tergolong terjangkau untuk sebuah laptop gaming, TUF Gaming F15 (FX506LH) telah ditenagai oleh hardware terkini. Prosesor 10th Gen Intel Core High Performance hadir sebagai otak dari TUF Gaming F15 (FX506LH). Prosesor berperforma tinggi daari Intel ini juga ditemani oleh chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 yang sudah dapat digunakan untuk memainkan game AAA terkini.

Ditenagai Prosesor 10th Gen Intel Core High Performance

TUF Gaming F15 (FX506LH) merupakan salah satu laptop gaming terbaru yang ditenagai oleh 10th Gen Intel Core High Performance Processor. Berbeda dengan prosesor 10th Gen Intel Core yang ada di laptop pada umumnya, prosesor ini dirancang khusus untuk menaklukkan semua jenis aktivitas Anda, mulai dari bermain game AAA, melakukan video editing, hingga membuat animasi.

10th Gen Intel Core High Performance Processor juga telah dirancang untuk kegiatan multitasking. Tidak hanya hadir dengan clock speed yang lebih tinggi, varian prosesor ini juga memiliki jumlah core dan thread yang lebih banyak yaitu hingga 6 core dan 12 thread. Konfigurasi tersebut tidak hanya memungkinkan multitasking yang lebih lancar, tetapi juga performa ekstra bagi aplikasi yang dapat berjalan menggunakan prosesor multithread.

Layar Kencang dan Responsif

TUF Gaming F15 (FX506LH) hadir dengan layar kencang yang akan memanjakan para gamer, khususnya penggemar eSports. Refresh rate pada layar di laptop ini mencapai 144Hz, yang artinya TUF Gaming F15 (FX506LH) dapat menampilkan hingga 144 frame per detiknya. Bagi gamer profesional layar dengan refresh rate tinggi sangat diperlukan karena berpengaruh langsung pada kualitas animasi yang ditampilkan. Semakin tinggi frame yang bisa ditampilkan per detiknya, semakin mulus animasi yang ditampilkan dalam sebuah game sehigga gamer bisa melihat setiap detail gerakan yang disajikan.

Tidak sampai di situ, layar yang kencang tersebut juga ditemani oleh response time yang juga sangat rendah yaitu hingga 3ms. Response time yang lebih rendah memungkinkan jeda waktu antara input dari mouse dan keyboard dapat diminimalisir. Pada akhirnya gamer memiliki respon yang lebih kencang di dalam game, memungkinkan setiap aksi dapat dieksekusi lebih cepat dan akurat.

Gaming Lancar Tanpa Kendala

TUF Gaming F15 (FX506LH) merupakan salah satu laptop ROG terbaru yang ditenagai oleh prosesor 10th Gen intel Core High Performance. Varian tertingginya menggunakan prosesor Intel Core i7-10750H hadir dengan boost clock hingga 4,8GHz dan menggunakan konfigurasi 6 core serta 12 thread. Prosesor tersebut juga ditemani oleh chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 yang sangat dapat dandalkan untuk game-game eSports, bahkan dapat digunakan untuk menjalankan game AAA terkini.

Mendukung duet CPU dan GPU-nya, TUF Gaming F15 (FX506LH) mengadopsi penyimpanan super cepat yaitu M.2 NVMe PCIe SSD 3.0 x4 berkapasitas 512GB. Sementara memori sistemnya mengandalkan RAM DDR4 3200Mhz berkapasitas 8GB yang dapat di-upgrade hingga 16GB. Setiap komponen di TUF Gaming F15 (FX506LH) hadir dan dirancang khusus untuk menghadirkan Pengalaman bermain game terbaik.

Merasa penyimpanan di laptop gaming ini kurang lega? ASUS menyediakan 1 slot penyimpanan SATA ekstra yang bisa Anda gunakan. Melalui slot SATA tersebut, Anda bisa menyematkan HDD atau SSD tambahan dan membuat penyimpanan TUF Gaming F15 (FX506LH) lebih lega. Proses upgrade di TUF Gaming F15 (FX506LH) juga sangat mudah karena ASUS telah menghadirkan sistem pop up screw di laptop ini.

Sebagai laptop modern, TUF Gaming F15 (FX506LH) telah menggunakan WiFi 6 (802.11ax) sebagai fasilitas koneksi utamanya. WiFi 6 memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya, sehingga kini Anda bisa menikmati koneksi nirkabel dengan latensi lebih rendah serta kecepatan lebih tinggi di TUF Gaming F15 (FX506LH). Ingin koneksi yang lebi stabil? ASUS juga tetap menyediakan port LAN di laptop gaming ini.

Tetap Dingin Selama Bermain Game

Mengusung spesifikasi tinggi berarti membutuhkan system pendingin yang tepat. TUF Gaming F15 (FX506LH) hadir dengan system pendingin khusus yang ditenagai oleh dua kipas serta serangkaian ventilasi yang dirancang khusus agar seluruh komponen di dalam latop ini tidak mengalami overheat.

Yang menarik adalah ventilasi udara di TUF Gaming F15 (FX506LH) memiliki fitur khusus bernama self cleaning fan. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan sistem pedingin di TUF Gaming F15 (FX506LH) untuk dapat memberssihkan dirinya sendiri. Debu dan partikel kecil lainnya dapat dibuang secara otomatis melalui terowongan khusus yang berada di dekat heatsink. Dengan demikian, debu tidak akan mudah menumpuk di dalam sistem pendingin dan mengganggu performa laptop.

Didesain untuk Gaming

TUF Gaming F15 (FX506LH) merupakan laptop yang dirancang khusus dan mengedepankan performa dan durabilitas. Bodinya dirancang kokoh dan telah lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL STD-810G). TUF Gaming F15 (FX506LH) hadir dalam dua varian desain. Bonfire Black merupakan varian dengan desain mencolok dan cocok untuk gamer yang ingin tampil beda. Sementara Fortress Grey memiliki tampilan yang lebih simple dan cocok untuk gamer yang menyukai laptop gaming dengan desain elegan.

Sebagai sebuah laptop gaming, TUF Gaming F15 (FX506LH) tentunya dilengkapi dengan fitur yang akan membuat gaming menjadi lebih nyaman. Pada keyboard misalnya, ASUS menghadirkan keyboard khusus yang dengan teknologi Overstroke. Teknologi tersebut tidak hanya membuat setiap input pada keyboard dapat dibaca secara presisi, tetapi juga membuat keyboard di TUF Gaming F15 (FX506LH) lebih tangguh dan dapat bertahan hingga 20 juta kali tekan untuk setiap tombolnya.

Tentu saja fitur RGB LED backlight kembali hadir di laptop gaming ini. TUF Gaming F15 (FX506LH) sudah mendukung fitur AURA RGB. Artinya keyboard di laptop gaming ini dapat diubah tampilan warnanya sesuai dengan keinginan penggunanya. ASUS juga menyertakan empat jenis efek tampilan yang bisa dipilih oleg gamer, mulai dari Static, Breathing, Color Cycle, dan Strobing.

TUF Gaming F15 (FX506LH) dibanderol dengan harga mulai dari Rp14.299.000.