Setelah Hadirkan Fitur Baru, Google Meet Makin Mirip Zoom

Google Meet - Google
03 Oktober 2020 23:07 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat penyedia layanan konferensi video berlomba-lomba menghadirkan berbagai fitur terbarunya untuk menggaet pengguna. Google Meet, aplikasi besutan Google, menambahkan dua fitur baru, yang mirip dengan apa yang sudah ada di platform Zoom.

Melansir Android Police pada Sabtu (3/10/2020), Google menambahkan fitur tanya jawab atau Q&A dan polling untuk pengguna Google Meet mulai Sabtu (3/10/2020).

Untuk sementara, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna G Suite Essentials, G Suite Business, G Suite Enterprise dan G Suite Enterprise for Education.

Kedua fitur belum tersedia untuk akun G Suite Basic, G Suite for Education dan G Suite for Nonprofits.Fitur Q&A umumnya digunakan saat acara seminar, sementara polling bisa dimanfaatkan juga untuk pertemuan informal melalui Google Meet.

Belum lama ini, Google juga menghadirkan fitur peredam kebisingan (noise-cancellation) di Google Meet. Fitur tersebut kini sudah bisa dinikmati oleh pengguna yang mengakses layanan aplikasi Android dan iOS.

Adapun sebelumnya, peredam kebisingan hanya tersedia untuk pengguna yang mengakses Google Meet menggunakan web. Fitur tersebut pertama kali diperkenalkan oleh Google pada Juni 2020.

Fitur peredam kebisingan untuk pengguna aplikasi Android dan iOS Google Meet tak tersedia untuk semua pengguna. Hanya pengguna berbayar saja yang bisa menggunakan fitur ini.

Pengguna berbayar yang dimaksud adalah mereka yang tercatat berlangganan G Suite Enterprise atau G Suite Enterprise for Education.

Peredam kebisingan yang dihadirkan oleh Google di platform konferensi videonya itu diklaim mampu menghindari masuknya suara-suara tidak diinginkan ketika pertemuan berlangsung. Mulai dari suara tombol papan ketik, suara mengunyah makanan, suara bolpoin jatuh, hingga suara anjing menggonggong di dekat pengguna.

Google Meet adalah perangkat lunak konferensi video besutan Google yang memungkinkan banyak orang bertemu dalam satu ruang rapat digital dengan cara yang lebih mudah atau sederhana. Beberapa prosedur yang harus dilalui ketika menggunakan Zoom mungkin tak akan ditemukan dalam perangkat lunak yang satu ini.

UC Today menyebut Google Meet telah memiliki lebih dari 100 juta peserta rapat, menjadikannya sangat populer seperti Zoom dan perangkat konferensi video lainnya yang mungkin sudah lebih dulu hadir dan populer.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia