Advertisement

Catat! Ini Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat

Newswire
Minggu, 11 Oktober 2020 - 13:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Catat! Ini Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat Ilustrasi smartphone - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Random access memory (RAM) menjadi salah satu komponen penting dalam smartphone karena menjadi tempat ponsel pintar menyimpan data-data saat digunakan.

Misalnya ketika mengedit foto maka foto dan aplikasi yang digunakan ada dalam RAM. Saat selesai pengeditan, foto disimpan ke penyimpanan perangkat smartphone sehingga tidak hilang.

Advertisement

Jadi makin besar kapasitas RAM yang dimiliki, makin banyak yang dapat dilakukan. Contohnya membuka lebih banyak tab browser, aplikasi, atau fitur lainnya. Oleh karena itu, kondisi RAM harus selalu dijaga agar terjamin kecepatan kinerjanya.

Berikut ini Okezone berikan tips memaksimalkan RAM smartphone Android agar tidak bekerja lambat, sebagaimana dikutip dari Android Pit.

1. Batasi widget dan wallpaper

Salah satu cara memaksimalkan RAM ponsel ialah membatasi widget dan wallpaper hidup. Sebab keduanya cukup menyita penggunaan RAM. Ini juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pembatasan jumlah widget dan wallpaper berlaku untuk mengoptimalkan memori smartphone.


2. Hapus instalan aplikasi secara manual

Selanjutnya tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan dengan mengakses Setting > Application, lalu ketuk application. Di bawah judul Memori bisa dilihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Dari sana dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek, atau cukup uninstall jika merasa itu tidak layak digunakan lagi.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement