Catat! Ini Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat

Ilustrasi smartphone - Ist
11 Oktober 2020 13:07 WIB Newswire Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Random access memory (RAM) menjadi salah satu komponen penting dalam smartphone karena menjadi tempat ponsel pintar menyimpan data-data saat digunakan.

Misalnya ketika mengedit foto maka foto dan aplikasi yang digunakan ada dalam RAM. Saat selesai pengeditan, foto disimpan ke penyimpanan perangkat smartphone sehingga tidak hilang.

Jadi makin besar kapasitas RAM yang dimiliki, makin banyak yang dapat dilakukan. Contohnya membuka lebih banyak tab browser, aplikasi, atau fitur lainnya. Oleh karena itu, kondisi RAM harus selalu dijaga agar terjamin kecepatan kinerjanya.

Berikut ini Okezone berikan tips memaksimalkan RAM smartphone Android agar tidak bekerja lambat, sebagaimana dikutip dari Android Pit.

1. Batasi widget dan wallpaper

Salah satu cara memaksimalkan RAM ponsel ialah membatasi widget dan wallpaper hidup. Sebab keduanya cukup menyita penggunaan RAM. Ini juga dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat. Jadi pembatasan jumlah widget dan wallpaper berlaku untuk mengoptimalkan memori smartphone.


2. Hapus instalan aplikasi secara manual

Selanjutnya tutup atau hapus instalan aplikasi secara manual. Ini dapat dilakukan dengan mengakses Setting > Application, lalu ketuk application. Di bawah judul Memori bisa dilihat berapa banyak RAM yang telah digunakan dalam 3 jam terakhir. Dari sana dapat berhenti paksa aplikasi untuk membebaskan RAM dalam jangka pendek, atau cukup uninstall jika merasa itu tidak layak digunakan lagi.

Berita ini sudah tayang di Okezone dengan judul "Tips Memaksimalkan RAM Smartphone agar Tidak Lambat".

Sumber : Okezone