Mengintip iPhone 12 Mini, Ponsel 5G Paling Kecil Sedunia

Foto iPhone 12 Pro yang ditampilkan pada layar Macbook Pro. - Bloomberg
14 Oktober 2020 17:07 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Apple meluncurkan iPhone 12 mini yang diklaim sebagai ponsel 5G terkecil, tertipis, dan teringan di dunia.

Menurut laporanĀ The Verge pada Rabu (14/10/2020), iPhone 12 Mini hadir dengan layar 5,4 inci yang nyaris memenuhi seluruh bagian depan ponsel. Selain itu, fitur pemindai sidik jadi atau TouchID yang biasanya berada di bagian depan dihilangkan dan digantingkan dengan pemindai wajah atau FaceID.

Oleh karena itu, ponsel tersebut ukurannya menjadi jauh lebih kecil dibandingkan dengan iPhone SE 2020.

Seperti iPhone 12, iPhone 12 mini menggunakan Apple A14 Bionic, chip 5nm dengan efisiensi energi dan kinerja yang lebih baik daripada A13. Chipset tersebut termasuk CPU enam inti (dua tinggi dan empat rendah) yang diklaim Apple 50 persen lebih cepat daripada chip A13 dan GPU empat inti, yang diklaim Apple dapat menghadirkan game berkualitas konsol.

IPhone 12 mini juga berbagi spesifikasi dan desain utama iPhone 12. IPhone 12 mini memiliki sisi aluminium datar yang sekarang cocok dengan iPad Pro dan iPad Air yang mirip dengan iPhone 4 dari 10 tahun yang lalu.

Kamera utama yang dipasang di ponsel ini beresolusi 12 megapiksel f / 1.6 - aperture tercepat di iPhone mana pun - dan kamera ultrawide 12MP. Apple telah meningkatkan kinerja cahaya rendah pada iPhone 12 mini, dan kamera depan juga akan menyertakan Mode Malamnya sendiri.

Kaca layar pada iPhone 12 mini juga dilapisi dengan apa yang disebut Apple sebagai "Perisai Keramik" untuk daya tahan yang lebih baik. Ketahanan air dan debu juga telah ditingkatkan ke peringkat IP68.

Apple juga menggunakan sistem magnet MagSafe baru di iPhone 12 mini. Ini mendukung pengisi daya nirkabel termasuk perangkat berkemampuan Qi, aksesori casing, dan bahkan dompet kulit yang semuanya terpasang di bagian belakang perangkat.

Apple iPhone 12 mini dijual dengan harga mulai dari US$ 729 dan akan tersedia dalam lima pilihan warna: biru, hijau, hitam, putih, dan merah.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia