WhatsApp Akan Luncurkan Manajemen Penyimpanan Terbaru

Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel. - Reuters/Thomas White
03 November 2020 22:47 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda pengguna ponsel lama atau ponsel dengan kapasitas penyimpanan terbatas. Pasalnya, WhatsApp telah mendesain ulang manajemen penyimpanannya, memudahkan pengguna untuk menemukan dan menghapus file yang menghabiskan terlalu banyak ruang di ponsel mereka.

Melansir The Verge pada Selasa (3/11/2020), manajemen penyimpanan terbaru WhatsApp meluncur pekan ini. Seluruh pengguna WhatsApp di seluruh dunia bisa menikmatinya dengan cara membuka Pengaturan> Penyimpanan dan data> Kelola penyimpanan di aplikasi.

BACA JUGA : WhatsApp Luncurkan Laman Daring Imbauan Keamanan 

Platform pesan instan milik Facebook itu menjelaskan bahwa mereka saat ini hanya menyortir semua obrolan yang tersedia berdasarkan jumlah ruang yang mereka gunakan, mencantumkan jumlah pesan, foto, GIF, dan video di setiap obrolan, dan membiarkan pengguna menghapus setiap kategori dengan beberapa ketukan.

Tentunya ini sangat berguna, akan tetapi tidak memberi pengguna cara untuk menjelajahi konten yang mereka hapus. Hal tersebut menjadi penting apabila Anda perlu membersihkan, misalnya, grup ngobrol keluarga, dan ingin menghindari menghapus foto penting apa pun.

Sebagai perbandingan, alat baru ini menawarkan gambar mini konten yang akan dihapus, dan mengelompokkan data ini dalam kategori termasuk "Diteruskan berkali-kali" dan "Lebih dari 5 MB".

BACA JUGA : Whatsapp Luncurkan Mode Gelap, Kode QR, dan Stiker Animasi

Hal ini akan memudahkan pengguna untuk mengidentifikasi konten yang tidak mereka butuhkan atau inginkan lagi, dan yang dapat dengan mudah dihapus.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia