Facebook Kini Punya Fitur yang Bisa Tulis Pesan Langsung Menghilang

Logo Facebook di kantor Facebook Indonesia - JIBI/Bisnis.com/Dhiany Nadya Utami
13 November 2020 23:27 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Fitur teranyar Facebook yang diumumkan pada September 2020 akhirnya diluncurkan.

Fitur tersebut adalah vanish mode atau mode lenyap yang memungkinkan Anda mengirim teks, foto, pesan suara, emoji, dan stiker yang langsung hilang begitu dilihat oleh pihak lain dan jendela obrolan ditutup.

Beberapa pengguna mungkin telah memperhatikan keberadaan mode lenyap di pengaturan obrolan di Messenger, karena Facebook telah meluncurkannya secara perlahan ke beberapa pengguna sejak desain ulang diumumkan dua bulan lalu.

Melansir The Verge pada Jumat (13/11/2020), di Instagram, beberapa elemen mode lenyap sudah menjadi bagian dari rangkaian fitur olahpesan langsung inti, termasuk foto dan video yang menghilang begitu sebagian media telah dilihat. Mode Lenyap mirip dengan mode percakapan rahasia Messenger yang ada, yang memungkinkan Anda memasuki obrolan terenkripsi ujung ke ujung yang hanya disimpan di perangkat Anda, meskipun mode baru dirancang untuk menghapus apa pun yang dikirim selamanya setelah dilihat.

Untuk Facebook, perpesanan singkat masih merupakan cara untuk menarik pengguna ponsel cerdas yang lebih muda yang telah berbondong-bondong ke aplikasi dan platform obrolan di mana mereka tidak perlu memposting secara publik dan berisiko dihantui oleh unggahan media sosial di kemudian hari.

Sementara Snapchat mempopulerkan pesan singkat di kalangan remaja AS dengan Stories dan desain DM-nya, Facebook telah mengadopsi banyak fitur saingannya dan menerapkannya di seluruh Messenger, Instagram, dan WhatsApp untuk pengguna dari semua kelompok umur di seluruh dunia.

Mode lenyap hanyalah yang terbaru dari Facebook yang mengambil tren dan tambahan penting mengingat CEO Mark Zuckerberg mengumumkan tahun lalu bahwa perusahaannya akan secara strategis beralih dari Umpan Berita dan pos publik dan lebih banyak lagi ke perpesanan dan grup pribadi.

Mode Lenyap akan muncul di kedua aplikasi sebagai opsi berbeda yang dapat Anda aktifkan dan nonaktifkan dalam pengaturan pesan obrolan tertentu. Anda juga dapat memasuki mode dengan menggesek ke atas pada jendela obrolan. Mode Lenyap hanya tersedia untuk obrolan satu lawan satu saat ini, dan bukan utas grup.

Mode ini kemudian akan mengaktifkan pesan yang hilang dan interaksi obrolan lainnya, dengan opsi untuk mematikannya terletak di bagian atas jendela obrolan atau dengan menggeser ke bawah lagi.

Facebook mengatakan bahwa mode tersebut hanya akan ikut serta, artinya Anda harus setuju untuk masuk ke Mode Lenyap setelah pengguna lain dalam obrolan mengaktifkannya. Messenger dan Instagram juga akan memberi tahu Anda ketika tangkapan layar obrolan diambil saat mode diaktifkan. Facebook mengatakan Anda dapat melaporkan seseorang atas perilaku obrolan mode lenyap, meskipun tidak jelas seberapa banyak percakapan yang dapat ditinjau Facebook untuk mengetahui adanya pelanggaran.

Mode Vanish seharusnya tersedia untuk Messenger di Amerika Serikat dan juga beberapa negara lain mulai hari ini, kata Facebook. Dan itu akan ditayangkan di Instagram di AS dan negara lain di kemudian hari.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia