Advertisement

Game Ini Ajak Pemain Belajar Hentikan Pandemi Covid-19

Rezha Hadyan
Jum'at, 13 November 2020 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Game Ini Ajak Pemain Belajar Hentikan Pandemi Covid-19 Game Ndemic Creations mengajak masyarakat hentikan pandemi. - ilustrasi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Plague Inc., game strategi tentang pengembangan dan penyebaran penyakit, menerima pembaruan dengan mode baru yang membalik skrip pada alur permainan aslinya.

Mode baru berjudul Plague Inc: The Cure adalah upaya pengembang, Ndemic Creations, untuk menyimulasikan kehidupan nyata, pendekatan multifaset yang diperlukan untuk menghentikan pandemi, berdasarkan masukan yang diterima dari para ahli.

Advertisement

Gim ini awalnya diluncurkan pada 2012 tetapi popularitasnya melonjak pada Maret ini setelah berita tentang pandemi Covid-19 menyebar ke seluruh dunia.

The Cure adalah respons terhadap realitas saat ini, yang menampilkan beberapa tahapan yang mengandung pandemi, seperti meneliti penyakit, menggunakan teknik seperti pelacakan kontak, dan mengembangkan vaksin.

Menurut laporan The Verge pada Jumat (13/11/2010), Ndemic menekankan bahwa permainan tidak boleh dianggap sebagai model ilmiah, tetapi dengan masukan dari para ahli, game ini menangkap gagasan tentang jenis respons yang diperlukan untuk menghentikan sesuatu seperti Covid-19.

Ndemic mengumumkan sepasang donasi pada bulan Maret untuk Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membantu upaya bantuan Covid-19.

Diskusi seputar donasi tersebut pada akhirnya mendorong pengembangan mode baru ini, yang Ndemic berdasarkan masukan dari kedua organisasi.

Mode yang dihasilkan tampaknya telah berhasil mengintegrasikan sains kehidupan nyata, menghasilkan alur game yang dikatakan oleh CEO CEPI Richard Hatchett telah merangkum kompleksitas respons pandemi global dan menyoroti betapa pentingnya kolaborasi internasional diperlukan untuk mengatasi ancaman semacam itu.

Ndemic Creations mengatakan Plague Inc: The Cure akan gratis sampai Covid-19 terkendali. Mode baru sekarang tersedia di iOS dan Android dengan rilis PC dan konsol akan segera menyusul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pj Walikota Jogja Singgih Raharjo Maju Pilkada, Begini Respons Pemda DIY

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement