Advertisement

Waspadai Online Shop Penipu di Instagram, Ini Ciri-Cirinya

Newswire
Minggu, 15 November 2020 - 06:57 WIB
Nina Atmasari
Waspadai Online Shop Penipu di Instagram, Ini Ciri-Cirinya Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Media sosial kini bukan hanya sarana berinteraksi perseorangan. Instagram misalnya, kini juga menjadi toko online dan sarana bertransaksi jual beli secara online.

Kemudahan melakukan transaksi belanja online yang tersedia saat ini memberikan celah bagi oknum penipu dalam menjalankan aksi mereka. Bahkan, jika sudah ketahuan, oknum penipu ini masih akan membuat modus baru untuk calon korban baru mereka.

Baca juga: Buka Cabang Baru, Roti Kapiten Beri Ratusan Menu Gratis

Advertisement

Sebagai calon pembeli, Anda setidaknya perlu mengetahui ciri-ciri online shop penipu di Instagram. Pasalnya, kasus penipuan online ini dapat terjadi kapan saja dan dapat dialami siapa saja.

Berikut ini lima ciri-ciri online shop penipu di Instagram yang paling mudah dilihat.

1. Harga produk tidak wajar

Jebakan harga murah atau promosi menarik yang tidak wajar merupakan ciri-ciri online shop penipu di Instagram yang paling mudah dilihat. Modus ini biasanya dilakukan oleh oknum penipu agar Anda jadi lebih mudah tergiur dan tanpa pikir panjang membeli produk di online shop palsu tersebut.

Oknum penipu akan memanfaatkan pemikiran Anda yang merasa telah beruntung mendapatkan harga murah dibawah pasaran. Alhasil, konsumen sudah terlanjur melakukan transaksi sebelum memeriksa keabsahan online shop tersebut.

2. Followers palsu

Jika faktor harga masih dirasa kurang membuktikan apakah sebuah online shop palsu, Anda perlu melihat followers online shop-nya. Untuk melancarkan aksinya, oknum penipu akan melakukan segala cara, termasuk membeli followers palsu untuk menarik perhatian korban. Cara melihat apakah suatu online shop memiliki followers palsu adalah dengan mengecek jumlah komentar dan like di setiap unggahannya.

Baca juga: Ada Hal-Hal Janggal di RUU Minol, Apa Saja?

Jika sebuah online shop memiliki followers puluhan ribu namun jumlah likenya hanya belasan orang, Anda harus berhati-hati dengan online shop tersebut. Selain itu, untuk mengetahui apakah followers di suatu online shop palsu, Anda juga bisa cek tanggal bergabung akun Instagram online shop tersebut. Sangat mencurigakan apabila akun yang baru bergabung tetapi sudah memiliki banyak followers.  

3. Kolom komentar dinonaktifkan

Ciri-ciri penipu online shop di Instagram yang berikutnya adalah kolom komentar unggahannya yang dinonaktifkan. Alasan terbesar mengapa online shop menonaktifkan kolom komentar mereka adalah karena adanya komentar buruk yang ditulis oleh korban-korban sebelumnya.

Untuk menghindari kedoknya terbongkar, oknum penipu pun memilih untuk menonaktifkan kolom komentar di akun Instagram mereka. Oleh karena itu, jika Anda melihat online shop di Instagram yang menonaktifkan kolom komentarnya, sebaiknya carilah online shop lain.

4. Testimoni dan rekening mencurigakan

Testimoni pembeli yang mencurigakan menjadi salah satu ciri-ciri penipu online shop di Instagram. Testimoni palsu biasanya menggunakan bahasa yang berlebihan tanpa penjelasan pengalaman secara rinci. Selain itu, foto dan kalimat testimoni yang tercantum terlihat tidak asing karena sama persis dengan yang termiliki toko lain.

Selain testimoni, rekening yang mencurigakan juga menjadi ciri penipuan lainnya. Anda perlu mengecek rekening yang digunakan penjual secara online melalui website-website yang menyediakan layanan ini. Di website ini akan muncul laporan mengenai rekening tersebut, termasuk ada atau tidaknya laporan penipuan dari korban sebelumnya.  

5. Feed tidak menarik

Ciri-ciri penipu online shop di Instagram yang terakhir adalah feed yang tidak menarik. Para penjual yang memang serius mengelola tokonya tentu akan menampilkan feed terbaik mereka. Dengan feed yang menarik, penjual berharap dapat menarik perhatian calon pembeli. Setidaknya untuk membuat pembeli tertarik mampir dan melihat-lihat produk di toko mereka.

Sebaliknya, oknum penipu justru tidak tertarik dengan estetika toko palsunya. Biasanya, online shop yang benar-benar dikelola oleh pemiliknya akan memiliki foto profil, logo, dan feed yang dirancang dengan baik. Selain itu, kualitas foto produk yang diunggah pun sangat perhatikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Cuaca DIY Hari Ini Jumat 19 April 2024: Jogja, Sleman dan Gunungkidul Hujan Lebat Disertai Petir

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement