Tarik Pengguna Zoom, Microsoft Teams Bisa Dipakai Gratis Tanpa Henti Seharian

Microsoft Teams bisa dipakai gratis seharian. - ilustrasi
21 November 2020 04:27 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat penyedia layanan konferensi video berlomba-lomba menghadirkan berbagai fitur dan penawaran terbarunya untuk menggaet pengguna. Seperti yang dilakukan oleh Microsoft dengan penawaran terbarunya di Microsoft Teams.

Melansir The Verge pada Jumat (20/11/2020), Microsoft berupaya untuk menarik pengguna Zoom agar berpindah ke Microsoft Teams lewat opsi panggilan video yang bisa digunakan sepanjang hari tanpa henti secara cuma-cuma.

Popularitas Zoom sendiri melonjak awal tahun ini setelah ribuan orang berbondong-bondong ke layanan panggilan video untuk terhubung dengan rekan kerja, sesama siswa, atau bahkan teman dan keluarga.

Seperti diketahui, raksasa perangkat lunak itu meluncurkan Microsoft Teams untuk konsumen di perangkat seluler awal tahun ini. Kini, perusahaan itu menghadirkan penawaran yang memungkinkan Anda membuat rapat Microsoft Teams untuk hingga 300 teman dan keluarga yang dapat dijalankan sepanjang hari secara gratis biaya.

Anda tidak memerlukan Akun Microsoft atau aplikasi Microsoft Teams untuk bergabung dengan panggilan, karena Anda dapat bergabung secara gratis melalui browser web. Microsoft Teams juga akan mendukung melihat hingga 49 teman atau anggota keluarga dalam tampilan galeri atau melalui fitur Mode Bersama yang menempatkan Anda berdampingan dalam lingkungan virtual.

Dengan Thanksgiving yang tinggal seminggu lagi, jelas Microsoft memposisikan Teams sebagai cara bagi keluarga untuk terhubung secara virtual selama pandemi. Ini sangat relevan, karena pejabat di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah merekomendasikan agar orang tidak melakukan perjalanan untuk Thanksgiving.

Microsoft Teams mungkin sedikit terlambat menghadirkan inovasinya ke konsumen, tetapi dengan batas panjang 24 jam untuk durasi rapat dan aplikasi web yang mudah digunakan, tiba-tiba Microsoft tampak menawarkan cara terbaik untuk terhubung dengan teman dan keluarga gratis.

Zoom memiliki batas 40 menitnya sendiri, yang sementara dicabut oleh perusahaan untuk Thanksgiving, dan pesaing lain seperti Google Meet memiliki batas 60 menit dan Cisco Webex memiliki batas 50 menit). Microsoft telah mencoba untuk mendorong penggunaan Skype, akan tetapi untuk saat ini sebagian besar pengguna internet  sepertinya telah melupakan Skype.

Untuk memulai sebagai penyelenggara rapat, yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi tautan web Teams baru Microsoft dan masuk dengan Akun Microsoft. Setelah membuat rapat video, Anda dapat membagikan tautan dengan teman dan keluarga, dan mereka dapat bergabung melalui web secara gratis tanpa memerlukan Akun Microsoft.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia