Hal yang Perlu Dilakukan Saat File & Dokumen Penting di PC Hilang

Ilustrasi - Freepik
21 Desember 2020 10:37 WIB Media Digital Tekno Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kondisi yang sangat tidak diinginkan oleh kebanyakan orang adalah ketika PC dan laptop tiba tiba mati tanpa ada alasan yang jelas. Kondisi ini akan membuat anda bingung karena bisa jadi dalam komputer anda banyak sekali data penting berupa dokumen kerja, dokumen bisnis, kemudian foto, video yang tidak sempat anda backup sebelumnya.

Ketika diperbaiki memang ada beberapa data yang bisa kembali, tapi semua data yang ada di Dokumen D akan hilang semuanya ini tergantung dari jenis kerusakan lapoto juga jika RAM kemudian Motherboard yang rusak maka sudah selesai semua data di D akan hilang.

Kondisi ini tentu saja akan membuat anda rugi sekali apalagi data yang hilang sangat penting. Lalu apa solusi yang harus dilakukan?

Ya, kita mencoba mencari solusi sekarang ini bukan menyalahkan keadaan karena memang percuma saja. Cukup anda jadikan pelajaran saja untuk tetap selalu lakukan backup data berkala di hardisk ekstrenal misalkan.

Solusinya sudah pasti menggunakan bantuan perangkat lunak atau Software recovery. Banyak sekali saat ini yang bisa anda coba tapi semuanya jarang yang bisa memberikan pemulihan secara optimal.

Salah satu yang bisa anda lakukan adalah menggunakan free data recovery software dari pabrikan EaseUS di mana ini adalah salah satu data recovery populer dan banyak digunakan di seluruh dunia yang mampu mengembalikan semua format data yang hilang secara utuh dengan hitungan waktu yang sangat cepat dan operasionalnya juga sangat simpel.

Hanya 3 langkah saja dalam mengoperasikan perangkat ini mulai dari pilih, kemudian pindai dan pulihkan segera dan selesai tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Tapi tentu saja karena free ada saja kekuranganya yakni dalam jumlah total ukran file dan data yang bisa anda pulihkan diabatasi maksimal 2GB saja.

Inipun sudah sangat bermanfaat bagi anda yang mau trial dulu. Jika dirasa kinerjanya maksimal maka bisa gunakan persi pro hanya ratusan ribu saja untuk berlangganan tetapi dengan keuntungan anda bisa pulihkan file apa saja dengan ukuran tidak terbatas.

Dan saat ini EaseUS sedang memberikan Diskon 50% disini yang bisa anda manfaatkan secepatnya sebelum masa promo berakhir.

Sebagai contoh, kami akan coba bagikan sedikit tutorial menggunakan EaseUS dalam mengembalikan file video yang terhapus.

Mengembalikan Video yang Terhapus di Komputer Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Langkah 1. Jalankan EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih lokasi atau perangkat tempat Anda menghapus video. Klik "Pindai" untuk memindai dan menemukan video yang hilang.

Sebelum memulainya, anda bisa download EaseUS Data Recovery Wizard diwebsite resminya di EaseUS.

Langkah 2.  Setelah scan, pilih "Video" dalam menu drop-down "Filter". Klik dua kali pada video yang ditemukan dan lihat pratinjau di jendela yang muncul.

Langkah 3.  Pilih file video yang ingin anda pulihkan. Klik "Pulihkan" untuk menyimpan video yang ditemukan ke lokasi aman lainnya di PC atau perangkat penyimpanan eksternal anda, bukan ke tempat aslinya.

Nah sampai di sini proses pemulihan video yang sudah terhapus sudah selesai dan anda akan menemukan kembali file video anda yang dulunya hilang secara utuh.

Tidak hanya itu saja, anda bisa gunakan software ini untuk memulihkan banyak file lain dari foto, kemudian dokumen penting dengan segala format dari sederhana sampai dengan yang ribet sekalipun. (ADV)