Planet Mars Bergoyang Bikin Ilmuwan Penasaran

Planet Mars - telegraph.co.uk
09 Januari 2021 05:17 WIB Desyinta Nuraini Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Para peneliti melihat Planet Mars menolak untuk berputar pada sumbu porosnya dan bergoyang-goyang. Fenomena ini menjadi teka-teki misterius yang membuat para astronom penasaran menyelidiki penyebabnya.

Dikutip dari Live Science, Kamis (7/1/2021), peneliti di jurnal Geophysical Research Letters juga para astronom mengatakan Planet Mars bergoyang-goyang saat berputar dan tidak mengetahui pasti penyebabnya.

Seperti mainan yang bergoyang karena kehilangan kecepatan, kutub Mars bergeser sedikit dari sumbu rotasi planet, bergerak sekitar 4 inci (10 sentimeter) dari pusat setiap 200 hari atau lebih.

Hal ini membuat Mars menjadi planet kedua di alam semesta yang menunjukkan fenomena yang dikenal sebagai goyangan Chandler ini. Adapun Bumi menjadi yang pertama, menurut blog berita American Geophysical Union (AGU).

Penulis sains Jack Lee di Eos mengatakan goyangan ini menurut astronom Seth Carlo Chandler, penemu fenomena tersebut lebih dari seabad yang lalu, adalah efek yang terlihat di planet yang tidak bulat sempurna. Di Bumi, goyangan jauh lebih terasa. Kutub planet kita bergerak sekitar 30 kaki (9 m) dari poros rotasinya, bergoyang dalam pola melingkar yang berulang setiap 433 hari atau lebih.

Goyangan miring ini memiliki efek yang dapat diabaikan di planet kita, tetapi masih menghadirkan teka-teki.

Para ilmuwan telah menghitung bahwa goyangan seharusnya mereda secara alami dalam satu abad sejak muncul, tetapi goyangan planet kita saat ini telah berlangsung lebih lama dari itu.

Sebuah studi pada 2001 menilai sesuatu, mungkin kombinasi dari perubahan tekanan di atmosfer dan lautan, tampaknya terus-menerus menyulut kembali goyangan, meskipun mekanisme pastinya masih belum diketahui.

Goyangan Mars sama membingungkannya. Para penulis studi baru mendeteksi goyangan menggunakan 18 tahun data yang dikumpulkan oleh tiga satelit yang mengorbit di Planet Merah seperti Mars Odyssey, Mars Reconnaissance Orbiter, dan Mars Global Surveyor. Pergeseran kecil di kutub Mars ini juga harus diselesaikan dengan sendirinya, tim menghitung, tetapi saat ini tampaknya semakin kuat.

Menurut Eos, tanpa lautan, Mars dan rotasinya yang goyah dapat diatur oleh perubahan tekanan atmosfer saja, tetapi studi lebih lanjut tentang planet ini diperlukan untuk mengetahui secara pasti.

Sumber : Bisnis.com