Kurangi Jejak Memori Aplikasi, Android akan Hadirkan Fitur Hibernasi

Android
19 Januari 2021 12:47 WIB Rezha Hadyan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Fitur baru yang mampu mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan akan dihadirkan bagi pengguna sistem operasi Android. Melansir GSM Arena pada Selasa (19/1/2021), tim di Android Open Source Project dilaporkan sedang mengerjakan fitur "hibernasi" untuk mengurangi jejak memori aplikasi yang tidak digunakan.

Fitur yang satu ini kemungkinan masih dalam tahap pengembangan awal. Kuat dugaan fitur tersebut akan dihadirkan dalam Android 12. Belum ada tanggal rilis resmi untuk Android 12, tetapi melihat pendahulunya, pratinjau Android 11 keluar pada Februari 2020.

BACA JUGA : Mari Mengenal Fitur Terbaru di Android Pie 

Ketika satu pengguna pada perangkat multi-pengguna memilih untuk menghibernasi sebuah aplikasi, cache aplikasi yang terkait dengan pengguna tersebut akan dihapus, sehingga mengosongkan ruang memori.

Blum diketahui bagaimana fitur tersebut bekerja ketika semua pengguna perangkat Android menghibernasi aplikasi, terutama karena sebagian besar perangkat hanya memiliki pengaturan untuk satu pengguna.

Sesuai dengan namanya, tampaknya aplikasi tidak akan dihapus secara permanen, tetapi mungkin ada cara untuk mengompres aplikasi sehingga menghemat ruang. Jika pengguna ingin membangunkan aplikasi dari hibernasi, maka aplikasi tidak akan dikompresi.

BACA JUGA : YouTube Uji Coba Fitur Beli Produk

Selain itu, fitur hibernasi ini tampaknya sama sekali tidak terkait dengan fungsi hibernasi yang ditawarkan oleh beberapa aplikasi, yang berfungsi untuk menjeda aplikasi mirip dengan fitur bawaan Android untuk mengistirahatkan aplikasi, Doze state.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia