Advertisement

Pengunduh WhatsApp Turun, Kompak Ganti Telegram dan Signal?

Akbar Evandio
Sabtu, 23 Januari 2021 - 18:37 WIB
Galih Eko Kurniawan
Pengunduh WhatsApp Turun, Kompak Ganti Telegram dan Signal? Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel. - Reuters/Thomas White

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kontroversi mengenai aturan privasi baru WhatsApp berpengaruh pada jumlah unduhan aplikasi tersebut di Indonesia hingga awal tahun ini.

Dikutip melalui data Sensor Tower, App Store mencatatkan jumlah unduhan WhatsApp di Indonesia dari 21 Desember—3 Januari 2021 masih mencapai sekitar 190 juta unduhan.

Advertisement

Adapun, dalam dua minggu berikutnya, total unduhan turun 1,4 juta dengan persentase 26 persen koreksi jumlah pengunduh. Padahal, sebelumnya WhatsApp termasuk aplikasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Berdasarkan Riset We Are Social pada 2019 mencatat 83 persen pemakai internet di Tanah Air menggunakan WhatsApp.

Namun di sisi lain, kompetitornya Telegram dan Signal mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sejak 4 Januari—17 Januari 2021, Signal diunduh 1,5 juta kali di App Store di Indonesia, meningkat 50 persen. Sedangkan, unduhan Telegram pada periode yang sama juga meningkat 64 persen.

Sekadar catatan, saat ini antisipasi yang dilakukan WhatsApp adalah menunda penerapan kebijakan privasi baru hingga 15 Mei 2021 setelah adanya banjir kritikan dan membuat sebagian pengguna pindah ke kompetitor lain seperti Telegram dan Signal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Disnakertrans Bantul Segera Buka Posko Aduan THR

Bantul
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement