Vivobook Ultra 14, Bergaya dan Lebih Powerful

Asus Vivobook Ultra14
29 Januari 2021 09:17 WIB Galih Eko Kurniawan Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Pada 2020 lalu, Asus memperkenalkan VivoBook Ultra 14 (K413) sebagai laptop untuk para kawula muda. Laptop tersebut tidak hanya tampil dengan desain modern, minimalis, serta stylish, tetapi juga ditenagai oleh hardware terkini dan memiliki performa yang powerful, khususnya untuk laptop di kelasnyAsus Indonesia Product Marketing, Carol Hsu mengatakan VivoBook Ultra 14 (K413) harus powerful karena laptop ini dirancang untuk digunakan oleh para kawula muda. Kawula muda merupakan kelompok yang sangat aktif dan selalu penuh dengan energi.a.

Mereka juga sangat kreatif dan selalu ingin mencoba hal-hal baru. Karena sifatnya tersebut kawula muda biasanya selalu ingin mendapatkan yang terbaik dan sesuai dengan gaya hidup mereka, termasuk dalam hal performa laptop yang sedang digunakan. Selain itu, mereka juga sangat kritis dengan berbagai produk yang ditawarkan kepadanya.

Asus mengerti hal tersebut, dan sebagai upaya untuk membantu kawula muda menjadi semakin produktif, VivoBook Ultra 14 (K413) dirancang untuk tampil dengan performa terbaik di kelasnya melalui penggunaan hardware terkini.

Seperti yang kali ini dilakukan oleh Asus, yaitu memperbarui seri VivoBook Ultra 14 (K413) dengan prosesor 11th Gen Intel Core serta ditenagai oleh teknologi terbaru bernama AIPT yang memungkinkan performa laptop ini semakin kencang dan dapat menunjang setiap kegiatan kawula muda.

VivoBook Ultra 14 (K413) kali ini ditenagai prosesor 11th Gen Intel Core terbaru dengan varian tertingginya menggunakan Intel Core i7-1165G7 yang memiliki konfigurasi 4 core dan 8 thread. Prosesor ini juga dapat dipacu hingga 4,7GHz sehingga cocok untuk berbagai kegiatan yang membutuhkan performa komputasi ekstra.

Performa Grafis
Yang lebih menarik lagi, prosesor Intel Core i7-1165G7 yang hadir di VivoBook Ultra 14 (K413) juga dilengkapi GPU terintegrasi Intel Iris X? Graphics. Berbeda dengan GPU Intel HD Graphics, Intel Iris X? Graphics memiliki performa yang lebih tinggi. Meski demikian, Intel Iris X? Graphics tetap hadir dengan konsumsi daya yang sangat rendah. GPU ini merupakan salah satu alasan mengapa VivoBook Ultra 14 (K413) mampu memiliki daya tahan baterai yang tergolong panjang.

Selain GPU terintegrasi, beberapa varian VivoBook Ultra 14 (K413) juga dibekali dengan GPU tambahan yaitu hingga NVIDIA GeForce MX350. Berkat GPU tersebut, VivoBook Ultra 14 (K413) kini dapat tampil dengan performa grafis lebih baik dan dapat diandalkan di berbagai skenario penggunaan yang memang membutuhkan performa grafis ekstra seperti video dan photo editing.

VivoBook Ultra 14 (K413) telah menggunakan PCIe SSD berkapasitas 512GB sebagai perangkat penyimpanannya. PCIe SSD merupakan media penyimpanan dengan performa yang jauh lebih kencang daripada HDD. Dikombinasikan dengan RAM DDR4 berkapsitas 8GB, VivoBook Ultra 14 (K413) mampu berjalan lebih gesit bahkan saat digunakan untuk multitasking.

Salah satu keistimewaan VivoBook Ultra 14 (K413) dibandingkan dengan laptop sekelasnya adalah ia kini telah dilengkapi dengan teknologi baru bernama ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT). AIPT merupakan teknologi yang amengkombinasikan sistem pendingin dengan berbagai sensor untuk mengoptimalkan performa, daya tahan baterai, serta konfigurasi sistem pendinginan.
Singkatnya, AIPT membuat VivoBook Ultra 14 (K413) lebih efisien dengan peningkatan performa hingga 40% pada moder Performance dibandingkan dengan laptop lain tanpa teknologi ini.

AIPT juga memungkinkan VivoBook Ultra 14 (K413) untuk hadir dengan performa maksimalnya sepanjang waktu. Jika laptop lain yang menggunakan prosesor yang sama memiliki TDP yang dibatasi di sekitar angka 15W, AIPT memungkinkan prosesor 11th Intel Core di VivoBook Ultra 14 (K413) berjalan hingga TDP 28W secara terus menerus. Hal tersebut membuat performa VivoBook Ultra 14 (K413) dapat didongkrak lebih jauh untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang lebih berat.

Hadir sebagai laptop untuk para Gen Z, VivoBook Ultra 14 (K413) memiliki tiga varian warna. Transparent Silver sangat cocok untuk mereka yang suka dengan desain elegan. Indie Black merupakan varian warna yang mencerminkan jiwa tangguh. Sedangkan mereka yang lebih suka dengan nuansa lembut dapat memilih varian warna Hearty Gold.

Laptop Modern
Tidak hanya hadir dengan warna yang beragam, VivoBook Ultra 14 (K413) juga merupakan laptop yang menggunakan desain modern. Bagian belakangnya minim dekorasi dan logo sehingga para Gen Z yang dikenal sangat ekspresif dapat mendekorasi laptopnya sesuka hati. ASUS bahkan memberikan set stiker eksklusif di setiap paket penjualan VivoBook Ultra 14 (K413).

VivoBook Ultra 14 (K413) merupakan laptop untuk Gen Z yang sangat aktif dalam kesehariannya. Untuk itulah laptop ini tampil dengan dimensi yang ringkas serta memiliki bobot yang ringan. Ketebalan bodinya hanya 17,9 mm dan bobotnya 1,4 Kg membuat VivoBook Ultra 14 (K413) mudah untuk dibawa bepergian. Tidak hanya itu, bagian belakang layarnya terbuat dari bahan metal yang lebih kokoh sehingga laptop ini cocok untuk Gen Z yang gemar melakukan travelling.

VivoBook Ultra 14 (K413) mengusung layar 14 inci dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 pixel). Salah satu yang membuat laptop ini istimewa adalah kehadiran teknologi NanoEdge Display yang memungkinkan bezel layar pada laptop ini tampil sangat tipis dan membuat VivoBook Ultra 14 (K413) memiliki screen-to-body ratio hingga 84%. Istimewanya lagi, layar VivoBook S14 (S433) sudah mengantongi sertifikasi eye-care dari TÜV Rheinland yang membuat efek flickering serta radiasi cahaya biru pada layar dapat dikurangi secara signifikan. Hal tersebut berpengaruh besar pada kesehatan mata dan dapat mengurangi efek kelelahan ketika saat menggunakan laptop dalam jangka waktu panjang.

Gen Z yang menggunakan VivoBook Ultra 14 (K413) juga akan disuguhkan dengan sajian kualitas audio terbaik di kelasnya melalui speaker yang tersertifikasi oleh Harman / Kardon. Selain itu VivoBook Ultra 14 (K413) telah dilengkapi dengan fitur fingerprint yang terintegrasi dengan Windows Hello, fitur keamanan biometrik dari Microsoft di Windows 10 Home.

Sebagai laptop modern, VivoBook Ultra 14 (K413) juga hadir dengan konektivitas lengkap. Selain port standar seperti USB Type-A, laptop ini juga dilengkapi dengan port HDMI dan 3.5mm combo audio jack. VivoBook Ultra 14 (K413) bahkan telah hadir dengan USB Type-C, sehingga berbagai perangkat modern dapat dikoneksikan dengan laptop ini.

Untuk konektivitas nirkabel, VivoBook Ultra 14 (K413) sudah dilengkapi dengan modul WiFi 6 (802.11ax) yang lebih kencang. Modul WiFi 6 di laptop ini telah mendukung fitur dual-band yang artinya mendukung koneksi dengan frekuensi 2,4GHz dan 5GHz. Sementara keberadaan Bluetooth 5.0 juga memungkinkan berbagai aksesoris nirkabel seperti mouse dan headphone untuk terhubung ke VivoBook Ultra 14 (K413).

VivoBook Ultra 14 (K413) juga dibekali dengan teknologi AI Noise Cancelling terbaru. Teknologi tersebut memungkinkan VivoBook Ultra 14 (K413) dapat meredam suara-suara bising saat penggunanya melakukan conference call. Fitur ini sangat berguna khususnya bagi kawula muda, apalagi saat ini sebagian besar kegiatan sudah dialihkan secara online. ASUS VivoBook Ultra 14 (K413) telah tersedia dengan banderol harga mulai dari Rp9.349.000.