Advertisement

Bukan Cuma Smartphone, Ini Produk Canggih Xiaomi yang Perlu Kamu Tahu

Media Digital
Selasa, 09 Februari 2021 - 05:37 WIB
Nina Atmasari
Bukan Cuma Smartphone, Ini Produk Canggih Xiaomi yang Perlu Kamu Tahu Produk Smart TV terbaru Xiaomi adalah Mi TV 4 Bezel-less. - Ist/dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Di Indonesia, Xiaomi lebih dikenal sebagai produsen smartphone dengan harga terjangkau. Namun, tahukah Anda, ternyata Xiaomi juga punya produk canggih lain yang sudah mendukung Artificial Intelligence of Things (AIoT). Bahkan, ekosistem produk AIoT Xiaomi adalah yang paling lengkap di Indonesia. Sebagai informasi, AIoT adalah istilah untuk produk-produk penunjang kehidupan sehari-hari yang sudah dilengkapi kecerdasan buatan, sehingga membantu memudahkan kegiatan penggunanya.
Agar lebih paham, yuk simak beberapa produk AIoT Xiaomi di Indonesia berikut ini:

Hiburan untuk menghabiskan waktu di rumah

Advertisement

Salah satu produk ekosistem AIoT Xiaomi adalah televisi pintar atau yang biasa disebut sebagai Smart TV. Produk Smart TV terbaru mereka adalah Mi TV 4 Bezel-less menampilan desain mewah dan menawarkan pengalaman imersif dalam menikmati konten.

Konsumen pun dapat memilih ukuran Mi TV 4 Bezel-less sesuai kebutuhannya, karena Smart TV ini hadir dengan ukuran 32 inci, 43 inci, dan 55 inci. Seluruh ukuran ini memiliki profil bezel yang ramping dan nyaris tidak terlihat serta frame alumunium yang memberikan kesan kokoh dan elegan. Dengan demikian, pengguna tidak akan terganggu oleh bezel saat menonton konten apa pun.

Kualitas gambar yang dihadirkan Mi TV Bezel-less 55 inci didukung resolusi tinggi 4K agar detail terlihat tajam. Di sisi warna, ada dukungan HDR10+ serta Dolby Vision sehingga konten akan terlihat alami dengan kontras tinggi.

Nikmati PatchWall untuk mendapatkan rekomendasi konten-konten terbaik sewaktu menggunakan Smart TV, juga persingkat waktu dengan memanfaatkan fitur perintah suara dari Mi Bluetooth Remote. Orang tua bisa memanfaatkan Kids Mode yang hanya merekomendasikan konten ramah anak, menjadikan Smart TV ini sebagai pelengkap dari kehangatan keluarga.



Bergaya dan tetap bugar
Jam tangan pintar atau Smartwatch adalah penunjang harian untuk memberi gambaran dan motivasi agar penggunanya selalu bugar. Tentu saja Xiaomi memiliki produk ini untuk menunjang ekosistem gaya hidup sehat. Mi Watch dan Mi Watch Lite adalah smartwatch terbaru dari perusahaan tersebut yang menawarkan desain serta fitur untuk menunjang gaya hidup aktif dan ekspresi dari pengguna.

Kedua perangkat ini dapat memantau kondisi badan, mengukur aktivitas olahraga dari penggunanya, dan menyodorkan informasi penting dari fisik pengguna seperti denyut jantung, siklus tidur, dan tingkat stres. Baik Mi Watch maupun Mi Watch Lite aman meski digunakan di dalam air hingga kedalaman 50 meter, sehingga tidak perlu dilepas ketika sedang melakukan olahraga ekstrem, seperti arung jeram dan selancar.

Xiaomi merancang Mi Watch agar dapat memantau hingga 117 macam olahraga. Sementara Mi Watch Lite mampu memonitor 11 jenis olahraga. Hal ini dapat menentukan pengguna jenis Mi Watch mana yang paling cocok untuk memonitor gaya hidup sehat mereka. Baterai Mi Watch mampu bertahan hingga 16 hari agar pengguna tidak perlu repot mengisinya setiap saat. Dan hanya memerlukan durasi 2 jam untuk mengisi baterainya hingga penuh dari keadaan kosong.

Agar lebih akurat saat melakukan olahraga di luar ruangan, Mi Watch terintegrasi dengan GPS, kompas digital, dan sensor barometer. Barometer sendiri berguna untuk mengukur tekanan udara sekitar dan dapat juga dilakukan untuk mengukur ketinggian yang berguna untuk memanjang gunung atau semacamnya.



Sebagai salah satu produk ekosistem Xiaomi, baik Mi Watch dan Mi Watch Lite memudahkan penggunanya untuk mengetahui pemberitahuan yang masuk ke ponsel berupa pesan baru atau panggilan yang masuk untuk mengetahui dengan cepat pesan dari teman atau keluarga tanpa repot mengeluarkan ponsel dari saku atau tas.


Sebagai salah satu produk ekosistem Xiaomi, baik Mi Watch dan Mi Watch Lite memudahkan penggunanya untuk mengetahui pemberitahuan yang masuk ke ponsel berupa pesan baru atau panggilan yang masuk untuk mengetahui dengan cepat pesan dari teman atau keluarga tanpa repot mengeluarkan ponsel dari saku atau tas.

Menikmati musik dengan bebas
Perusahaan teknologi dengan berbagai perangkat pintar dan Internet of Things (IoT) tersebut juga melengkapi portofolio ekosistem mereka dengan produk audio tipe true wireless stereo (TWS). Tidak tanggung-tanggung, earphone TWS terbaru dari Xiaomi adalah Mi True Wireless Earphone 2S dan Mi True Wireless Earbuds Basic 2.

Mi True Wireless Earphones 2S menawarkan pengalaman audio dengan kualitas unggul berkat driver speaker berukuran besar 14,2 mm dan dukungan Bluetooth audio codec LHDC dan AAC serta kelengkapan Environmental Noise Cancellation untuk mengurangi gangguan dari suara sekitar. Daya tahan baterai perangkat audio ini mencapai 5 jam dan secara keseluruhan menawarkan 24 jam dengan kotak pengisiannya.

Berbicara seputar kotak pengisian daya, wadah dari Mi True Wireless Earphones 2S juga mendukung teknologi pengisian nirkabel. Earphone ini juga bisa dioperasikan secara mudah. Cukup ketuk sensor earphone untuk memutar musik, membuat panggilan, serta mengaktifkan asisten virtual (misalnya Google Assistant).

Sementara itu, Mi True Wireless Earbuds Basic 2 adalah TWS pintar yang simpel dan ringan saat dikenakan di telinga, termasuk dukungan Bluetooth 5.0 sehingga memastikan koneksi yang stabil dan minim latensi demi menghadirkan pengalaman audio tiada duanya, dan hanya butuh satu tombol untuk mengoperasikan secara mudah.

Menyinggung masalah baterai, perangkat ini bisa beroperasi tanpa henti hingga 4 jam dan bisa diisi ulang di dalam wadah hingga total mencapai 12 jam. Single-Ear Mode memungkinkan pengguna untuk mendengarkan dari satu telinga saja.

Penunjang agar dapat daya tambahan
Perangkat dari Xiaomi banyak yang mendukung pengisian baterai secara nirkabel, beberapa di antaranya adalah Mi 10 Pro 5G dan Mi 10 10 5G. Dan pada perangkat non-ponsel, adalah earphone TWS Mi True Wireless Earphones 2S. Ada aneka perangkat ekosistem lainnya yang dapat diisi ulang dengan cara nirkabel demi kepraktisan tambahan.

Karena menjadi brand yang menghadirkan ekosistem terlengkap, maka tidak ketinggalan pula Xiaomi menghadirkan perangkat yang dapat menunjang pengisian nirkabel. Salah satu produk ini adalah Mi Wireless Power Bank Essential.

Kapasitas powerbank ini adalah 10.000 mAh mampu mengisi perangkat lebih banyak tanpa harus khawatir kehabisan daya ketika sedang mengisi perangkat. Xiaomi juga merancang Mi Wireless Power Bank Essential agar dapat mengisi secara nirkabel maupun kabel secara simultan. Ini berarti pengguna tidak perlu memilih mana perangkat yang harus diisi ulang terlebih dahulu karena mampu mengisi daya 2 perangkat sekaligus.

Pada powerbank nirkabel tersebut, Xiaomi menetapkan standar pengisian daya nirkabel Qi. Artinya, banyak perangkat yang kompatibel dengan powerbank ini untuk diisi secara nirkabel. Hal yang tidak kalah penting adalah Mi Wireless Power Bank Essential terintegrasi dengan fitur Smart Chip agar dapat memastikan keamanan penggunaan di hampir semua kondisi.

Ada banyak pilihan powerbank untuk dipilih sesuai keperluan, yakni Redmi 18W Fast Charge Power Bank berkapasitas 20.000 mAh, Mi Power Bank 3 Pro berkapasitas 20.000 mAh, Redmi Power Bank 10.000 mAh, Mi 18W Fast Charge Power Bank 3 berkapasitas 10.000 mAh, dan masih banyak lagi.

Lebih sehat dengan udara berkualitas
Xiaomi juga menawarkan pembersih udara Mi Air Purifier 3C yang masuk ke dalam portofolio ekosistem mereka. Perangkat ini hadir dengan filter HEPA yang menghilangkan 99,99% partikel berukuran hingga 0,1 mikron yang melayang di udara seperti debu, asap rokok, bulu hewan peliharaan, bakteri, virus, dan bau-bauan.

Mi Air Purifier 3C menawarkan spesifikasi Clean Air Delivery Rate atau bisa memasok udara bersih sebanyak 320 meter kubik per jam tanpa mengeluarkan suara bising dan menjangkau area yang luas hingga 38 meter persegi.

Lebih nyaman dengan lantai bersih
Jika Mi Air Purifier 3C akan membersihkan udara di dalam ruangan, maka ada pula produk AIoT dari Xiaomi yang berguna untuk membersihkan lantai, yakni Mi Robot Vacuum-Mop. Robot pembersih ini dapat digunakan untuk menghisap debu, dan mengepel lantai. Dengan demikian, memastikan lantai yang sering digunakan untuk berkumpul bersama keluarga tetap bersih dan nyaman.

Xiaomi menjejalkan Mi Robot Vacuum-Mop dengan sensor visual OV profesional dan algoritma neural network. Perhitungan 50 jalur/detik memungkinkan pengawasan dinamis saat bergerak dan pemetaan yang lebih presisi dan efektif.

Terdapat pula tiga sensor utama untuk membantu memberikan informasi posisi sehingga memiliki visual yang jelas agar selalu tetap di jalur yang besar. Ini memungkinkan pembersihan lantai rumah menjadi lebih efisien tanpa membuang waktu karena pemetaan jalan yang tepat.

Robot dari Xiaomi ini dilengkapi secara khusus dengan tambahan pengaturan pelepasan air 3 tingkat demi meningkatkan efektivitas pengepelan. Dapat menyesuaikan dengan tingkat kelembapan musiman dan permukaan lantai yang berbeda-beda. Hanya menggunakan satu tombol di aplikasi, dan pengguna akan memperoleh hasil yang maksimal.

Keamanan menyeluruh
Xiaomi menyediakan pula kamera keamanan Mi Home Security Camera 360 dengan resolusi tinggi Full HD (1920 x 1080 piksel). Sesuai namanya, pelengkap ekosistem dari Xiaomi ini mampu menawarkan keamanan menyeluruh di setiap ruangan karena dapat bergerak memutar. Motorhead ganda memungkinkan kamera untuk berputar dan menangkap tampilan horizontal 360 derajat dan tampilan vertikal 96 derajat.

Mi Home Security Camera 360 memiliki rancang bangun yang tahan benturan sehingga aman untuk segala keperluan. Motor terintegrasi di dalamnya juga sangat sunyi ketika beroperasi sehingga tidak akan mengganggu pengguna.

Melalui integrasi teknologi deep learning dan optimalisasi terfokus dari algoritma dan software jaringan, kamera dapat secara akurat menentukan kapan untuk mengingatkan pengguna dan memberikan notifikasi melalui ponsel terhubung. Perangkat ini juga mendukung Network Attached Storage (NAS). Ini memungkinkan pengguna melakukan back-up dari file di microSD kamera.

Pompa listrik portabel
Xiaomi juga menghadirkan produk pompa listrik ringkas dengan nama Mi Portable Electric Air Compressor. Perangkat ini terasa pas sekali dalam genggaman. Bodi kotak dengan sudut membulat itu rahasianya. Bobotnya juga tidak terlalu berat, yakni hanya 430 gram. Perusahaan tersebut juga cukup cukup pintar dengan membuat perangkat ini tidak licin ketika digenggam.



Terdapat sensor tekanan digital sehingga ada perlindungan terhadap tekanan berlebih. Pengguna dapat mengisi udara pada ban sepeda, menambah tekanan pada kendaraan bermotor, mengisi udara bola, dan masih banyak lagi.

Saat memompa bola olahraga, pengguna tidak perlu lagi menekan berulang kali untuk memeriksa keadaan udara di dalamnya. Mi Portable Electric Air Compressor dapat secara akurat mengukur tekanan tersebut saat dipompa.

Rambut tetap bergaya
Portofolio produk ekosistem Xiaomi selanjutnya adalah Mi Iconic Hair Dryer. Produk ini memiliki fitur rotasi udara panas dan dingin untuk menjaga kelembapan rambut, serta dilengkapi nosel udara untuk pengeringan rambut lebih terfokus.

Kehadiran Mi Ionic Hair Dryer merupakan bagian dari strategi Xiaomi dalam mendorong produk ekosistem bersama produk ponsel seperti yang dimaksud dalam strategi mesin ganda “Smartphone + AIoT”. Masih ada beragam produk ekosistem pendukung gaya hidup masyarakat, seperti Mi Motion-Activated Night Light2, Mi Wi-Fi Range Extender Pro, Mi High-capacity Ink Pen, dan Mi LCD Writing Tablet 13.5.
Dengan demikian, tidak berlebihan jika mengatakan bahwa Xiaomi adalah brand yang menghadirkan ekosistem AIoT terlengkap. Faktor yang tidak kalah penting adalah penawaran dengan harga terjangkau dan produk berkualitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement