Advertisement

Twitter dan Facebook Bikin Aplikasi Serupa Clubhouse

Ika Fatma Ramadhansari
Rabu, 17 Februari 2021 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Twitter dan Facebook Bikin Aplikasi Serupa Clubhouse Tampilan Aplikasi Clubhouse di App Store iPhone. - JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Aplikasi berbasis audio yang saat ini hanya tersedia di perangkat Apple, Clubhouse, tengah populer digunakan oleh banyak tokoh-tokoh terkenal.

Aplikasi ini berkembang dengan konsep FOMO (fear of missing out) atau takut ketinggalan. Sehingga jika tidak online saat percakapan terjadi, maka pembicaraan tersebut akan terlewatkan.

Advertisement

Konsep aplikasi ini pun sederhana, begitu Anda diundang untuk bergabung, Anda dapat memulai atau mendengarkan percakapan di ruang digital, mulai dari obrolan utama oleh seseorang yang terkenal hingga obrolan dalam kelompok kecil.

Tidak ada posting, tidak ada foto, tidak ada video, hanya audio. Anggap saja sebagai siaran podcast secara langsung, dengan kemungkinan bagi pendengar untuk ikut serta.

Untuk mendapatkan undangan untuk bergabung dengan Clubhouse, pengguna Clubhouse yang sudah ada harus mengirim undangan dari aplikasi mereka, yang menambah eksklusivitas "klub".

Dikutip dari Aljazeera pada Rabu (17/2/2021), Clubhouse diluncurkan pada Maret 2020 di Silicon Valley untuk beberapa orang terpilih, tetapi sekarang digunakan oleh sekitar dua juta orang setiap pekan, berkembang pesat karena portabilitasnya.

Tidak seperti podcast, pengguna dapat berpartisipasi selama mereka diundang oleh moderator obrolan.

Aplikasi ini sekarang harus menghadapi tantangan yang biasa terjadi di dunia media sosial, mulai dari cara memonetisasi popularitasnya hingga cara membayar pembuat konten hingga cara memoderasi konten itu.

“Kami sekarang ingin membuka Clubhouse untuk seluruh dunia,” kata pendiri aplikasi Paul Davison dan Rohan Seth pada akhir Januari.

Dengan dukungan lebih dari 180 investor setelah putaran baru penggalangan dana, Clubhouse saat ini bernilai sekitar US$1 miliar, menurut The Information, sebuah publikasi untuk eksekutif teknologi.

Clubhouse pun mendapatkan perhatian Big Tech. Twitter sedang menguji "Spaces" yaitu ruang obrolan audio di mana hingga 10 orang dapat berbicara dengan jumlah penonton yang tidak terbatas.

Facebook pun dikabarkan akan mencari penawaran serupa. New York Times pada Rabu (10/2/2021) melaporkan Facebook sekarang membangun versinya sendiri untuk aplikasi obrolan.

Direktur perusahaan konsultan Amerika Serikat Fabernovel David Bchiri menngkapkan saat ini adalah momen besar audio. Clubhouse muncul tepat waktu dengan menyediakan platform di mana orang dapat melampiaskan pikiran dan emosi mereka.

“Cucu kami tidak akan pernah memiliki keyboard. Mereka tidak perlu berinteraksi dengan mesin seperti itu. Semuanya akan dilakukan dengan perintah suara atau hanya dengan memikirkan tugas," kata Bchiri kepada AFP dikutip Rabu (17/2/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pertobatan Ekologis dan Persoalan Sampah Jadi Topik Peragaan Jalan Salib di Gereja Ini

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement