Advertisement

Nintendo Akan Produksi Switch Berlayar OLED 7 Inci

Aprianto Cahyo Nugroho
Kamis, 04 Maret 2021 - 14:17 WIB
Sunartono
Nintendo Akan Produksi Switch Berlayar OLED 7 Inci Nintendo Switch - nintendo.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Nintendo Co berencana meluncurkan konsol Switch terbaru yang dilengkapi dengan layar Samsung OLED yang lebih besar tahun ini.

Dilansir dari Bloomberg, Samsung Display Co akan memulai produksi massal panel organic light-emitting diode atau OLED 7 inci dengan resolusi 720p pada awal Juni 2021 dengan target bulanan awal mendekati satu juta unit, menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut.

Advertisement

Layar baru ini sedikit lebih besar dibandingkan layar Switch saat ini yang sebesar 6,2 inci dan versi Switch Lite yang berukuran 5,5 inci. Jika dimensi konsol tetap sama, Switch terbaru ini akan memiliki bezel yang lebih tipis.

BACA JUGA : Menangi Gugatan, Nintendo Rebut Kembali Merek Super

Unit panel OLED tersebut rencananya mulai dikirimkan ke pabrik perakitan sekitar bulan Juli. Namun, hingga berita ini diturunkan pihak Nintendo dan Samsung Display belum dapat dimintai komentar.

Nintendo berusaha untuk mempertahankan jajaran konsol Switch-nya yang terus laris manis dalam persaingan dengan Xbox dan PlayStation. Di masa pandemi Covid-19, Nintendo mendapat dorongan dari judul game yang menjadi hits seperti seperti Animal Crossing, ditambah dengan krisis chip yang mengganggu pasokan perangkat pesaignya.

Namun Switch yang saat ini memasuki tahun kelima sejak peluncuran perdananya tertinggal di belakang Microsoft Corp. dan Sony Corp. yang sama-sama merilis konsol generasi terbaru yang lebih bertenaga.

Komunitas game di seluruh dunia telah berspekulasi mengenai perilisan Switch dengan OLED terbaru, tetapi Nintendo tetap bungkam. Akan tetapi, keterlibatan Samsung menjadi indikasi terkuat bahwa Nintendo serius memperbarui konsol dan dalam skala besar.

BACA JUGA : Gara-Gara Pandemi Covid-19, Penjualan Nintendo Terkerek

Presiden Direktur Nintendo Shuntaro Furukawa sebelumnya mengatakan pada bulan Februari bahwa perusahaannya tidak berencana untuk mengumumkan Switch generasi terbaru "dalam waktu dekat".

“Panel OLED lebih hemat baterai, memiliki kontras yang lebih tinggi, dan waktu respons yang relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan layar LCD Switch saat ini,” kata salah satu pendiri konsultan display DSCC Yoshio Tamura, seperti dikutip Bloomberg, Kamis (4/3/2021).

Pada bulan Februari, Nintendo menaikkan proyeksi tahunannya setelah Switch mendorong perusahaan mencapai pendapatan kuartalan terbaiknya sejak 2008. Produsen game ini berharap mempertahankan pencapaian tersebut pada tahun 2021 meskipun persaingan semakin ketat dan pandemi mulai mereda.

Nintendo memutuskan untuk menggunakan panel OLED yang kaku untuk model baru. Layar ini menjadi alternatif yang lebih murah namun kurang fleksibel dibandingkan tipe OLED yang biasa digunakan untuk smartphone kelas atas. Model terbaru ini juga akan hadir dengan grafik ultra-high definition 4K jika dihubungkan dengan perangkan TV.

Terobosan ini diperkirakan semakin membuat pengembang game konsol Switch kecewa karena selama ini mereka mengeluhkan perbedaan resolusi antara mode genggam dan TV. Dengan model terbaru, perbedaan resolusi tersebut bakal semakin besar.

BACA JUGA : Segera Dirilis, Versi Terbaru Nintendo Switch

Kesepakatan itu menguntungkan Samsung Display karena harga pasar panel OLED kaku telah turun menyusul kelebihan pasokan. Mendapatkan pelanggan seperti Nintendo juga membantu raksasa afiliasi Samsung Electronics Co ini memperkuat rencana produksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bloomberg

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement