Elon Musk Berencana Kuasai Kota di Texas untuk Meluncur ke Mars

Kendaraan uji Starship Hopper Space Exploration Technologies Inc. dekat Boca Chica, Texas, A.S. - Bloomberg
06 Maret 2021 08:07 WIB Desyinta Nuraini Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Miliarder Elon Musk berencana mengubah nama Boca Chica di Texas menjadi Starbase. Kawasan tersebut disewa oleh Musk untuk meluncurkan purwarupa roket buatan perusahaannya, Starship.

Elon Musk mengatakan wilayah Boca Chica tersebut akan menjadi pusat penghubung antara Bumi ke Mars. "Menciptakan kota Starbase, Texas. Dari sana ke Mars," ujarnya dikutip dari Express UK, Jumat (5/3/2021).

Boca Chica adalah wilayah yang tidak berbadan hukum di Texas Selatan, dekat perbatasan Meksiko, dan di sebelah Teluk Meksiko. Kendati demikian, jika Musk ingin mengganti namanya, dia harus melalui proses resmi.

Menurut Hakim Cameron County Eddy Trevino Jr, SpaceX telah melakukan pendekatan kepada pejabat terkait perubahan nama tersebut. "Jika SpaceX dan Elon Musk ingin menempuh jalan ini, mereka harus mematuhi semua undang-undang penggabungan negara bagian. Cameron County akan memproses petisi yang sesuai dengan hukum yang berlaku."

Sementara itu, untuk ketiga kalinya, prototipe roket SpaceX, Starship meledak di darat setelah melakukan penerbangan dan pendaratan yang tampaknya berhasil. Roket ini diharapkan SpaceX suatu hari dapat dikirim ke Mars.

Elon Musk terus mengembangkan roket Starship generasi berikutnya untuk tujuan pergi ke Mars. Purwarupa terbaru  bernama SN10, untuk nomor seri 10, lepas landas sebelum pukul 11.20 GMT (19.20 waktu Singapura) dari Boca Chica, Texas. Dua prototipe lainnya (SN8 dan SN9) jatuh saat mendarat, pada Desember dan pada awal Februari.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia