Advertisement

Ini Fitur Samsung Galaxy Buds Pro, Diklaim Lebih Pintar dari Pendahulunya

Newswire
Minggu, 07 Maret 2021 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Ini Fitur Samsung Galaxy Buds Pro, Diklaim Lebih Pintar dari Pendahulunya Samsung Galaxy Buds Pro. (ANTARA - Natisha Andarningtyas)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Samsung terus berinovasi mengeluarkan produk yang akan bersaing di pasaran. Awal tahun ini Samsung memperkenalkan earbuds terbaru Galaxy Buds Pro yang menawarkan fitur lebih pintar dibandingkan versi terdahulu.

Earphone jenis true wireless stereo (TWS) memang sedang digemari, termasuk oleh pecinta gadget di Indonesia. Aksesoris tanpa kabel ini disukai karena pengguna bisa bebas bergerak tetapi tetap terhubung dengan gawainya.

Advertisement

Sejak beberapa tahun belakangan, produsen gawai gencar memasarkan earphone model true wireless di Indonesia, salah satunya Samsung dengan lini Galaxy Buds. Dikutip dari Antara, Minggu (7/3/2021), berikut ini keunggulan Galaxy Buds:

Desain

Ciri khas Samsung untuk lini earbuds mereka dapat segera dikenali dari bentuknya. Desain earbuds biasanya bulat atau oval, tanpa batang (stem) yang menjorok ke bawah.

Dari ukuran fisik, Galaxy Buds Pro berukuran lebih besar dibandingkan Galaxy Buds Live yang meluncur di Indonesia tahun lalu, yakni diameter sekitar 19,5 milimeter. Meski lebih besar, desain yang mengikuti kontur telinga membuatnya bisa tetap menempel dengan nyaman.

Pada Galaxy Buds Pro, Samsung membuat buds yang berbentuk oval, bagian luar menggunakan polesan akhir mengkilap seperti gelas. Samsung menggunakan material yang tidak membuat sidik jari pengguna menempel sehingga perangkat selalu terlihat bersih.

Pada bagian yang menghadap ke luar, terdapat tiga mikrofon masing-masing berupa mikrofon utama High SNR, sub mikrofon dan mikrofon untuk bagian dalam (inner mic).

Bagian dalam Buds Pro yang digunakan untuk menyematkan buds dirancang mengikuti anatomi telinga, posisi buds yang terlihat lebih panjang menghadap ke atas sehingga membantu perangkat ini terganjal bagian atas lubang telinga dan tidak mudah jatuh.  

Perangkat ini dibundel dengan 2 karet tambahan untuk bagian eartip, total dengan yang dipasang langsung di Buds Pro, Samsung menyediakan 3 ukuran berbeda untuk bagian eartip.

Fitur dan Performa

Galaxy Buds Pro mengandalkan sambungan Bluetooth untuk terpasang ke perangkat ponsel maupun laptop. Sebelum dipasangkan ke ponsel, termasuk merk selain Samsung, pengguna harus memasang aplikasi Galaxy Wearable.

Proses memasangkan Galaxy Buds Pro untuk pertama kalinya ke ponsel cukup mudah. Setelah menyalakan Bluetooth, buka aplikasi Galaxy Wearable dan ikuti petunjuk yang muncul di sana.

Untuk penggunaan kedua dan berikutnya, begitu casing dibuka, Galaxy Buds pro secara otomatis akan membuka notifikasi untuk menyambungkan perangkat ini ke ponsel. Bluetooth di ponsel akan otomatis menyala ketika menyambungkan Galaxy Buds Pro.

Samsung menyematkan drive pada masing-masing earbuds sehingga buds kanan maupun kiri bisa berfungsi ketika disentuh, misalnya untuk menyalakan dan mematikan buds, hingga mengatur volume musik yang sedang didengar.  

Samsung Galaxy Buds Pro menggunakan pengeras suara ganda berupa woofer 11 milimeter, tweeter 6,5 milimeter, 3 mikrofon. Setelan utama audio Galaxy Buds Pro, yang didukung teknologi dari AKG, terbilang memuaskan ketika mendengarkan musik.

Melalui aplikasi Galaxy Wearable, Samsung menyediakan 6 setelan equalizer yang bisa dipilih berdasarkan selera pengguna, yaitu, Normal (setelan utama), Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear dan Treble Boost.

Selain mendengarkan musik, Galaxy Buds Pro juga bisa digunakan untuk menelepon, panggilan video dan berfungsi dengan baik ketika konferensi video.

Samsung juga memberikan 3 pilihan pengaturan kebisingan (noise control) di Galaxy Buds Pro, yakni Off, Ambient dan Active Noise Cancelling (ANC). 

Baterai

Selama menggunakan Galaxy Buds Pro, daya tahan baterai bervariasi yang bergantung pada mode mana yang dinyalakan selama menggunakan. Ketika digunakan untuk mengikuti konferensi video selama sekitar 1,5 jam, baterai berkurang sebanyak 30 persen, dari 98 persen menjadi 69 persen.

Samsung mengklaim total pemakaian Galaxy Buds Pro mencapai 18 jam dengan ANC dan 28 jam jika ANC mati. 

Galaxy Buds Pro, yang sudah dijual lengkap dengan kabel dan karet eartips tambahan, menawarkan paket yang menarik di harga Rp2.999.000. Pemakaian perangkat ini pun mudah, setelan audio pun sudah nyaman tanpa harus mengubah equalizer

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Harga Tiket KA Bandara YIA Hanya Rp20.000, Berikut Cara Memesannya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement