Advertisement

Waspada! Serangan Siber dengan Akun Palsu Bakal Marak

Akbar Evandio
Rabu, 17 Maret 2021 - 22:57 WIB
Bhekti Suryani
Waspada! Serangan Siber dengan Akun Palsu Bakal Marak Ilustrasi - youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Praktik akun palsu mengatasnamakan institusi tertentu diproyeksikan semakin sering melanda dunia pada 2021.

Vice President, Privasi & Keamanan Iklan Google Scott Spencer mengatakan fenomena akun bank palsu pada dasarnya digunakan untuk mengambil informasi pribadi orang lain, seperti kartu kredit atau informasi keuangan lainnya.

Advertisement

“Ini terjadi tidak hanya yang seperti kita lihat di Indonesia atau India. Namun, kami juga melihatnya di negara maju di mana pelaku kejahatan akan membuat akun untuk membuat ribuan akun untuk mencoba dan melakukan perilaku [serangan siber] semacam ini dan akan selalu terjadi,” katanya kepada Bisnis-jaringan Harianjogja.com, Rabu (17/3/2021),

Dia menjelaskan bahwa melalui akun ilegal tersebut pelaku akan mengidentifikasi materi iklan dan penawaran kepada calon korban agar mereka memasukkan informasi dan menggunakannya untuk mengekstraksi uang dari konsumen,” ujarnya.

“Kami terus bekerja keras untuk mencegahnya dan biasanya kami dapat mengambil tindakan hapus akun yang tidak hanya satu tetapi banyak akun yang terbukti melakukan jenis kejahatan [siber] tersebut,” ujarnya.

Dia mengatakan memang seringkali peristiwa besar seperti pandemi Covid-19, memberikan momentum bagi banyak pelaku yang tidak bertanggung jawab mencari cara untuk memanfaatkan kesempatan berbuat kejahatan secara daring.

“Pada tahun 2020 kami menangani perilaku buruk ini dengan beberapa cara membuat sejumlah kebijakan dan program baru, termasuk program verifikasi identitas dan program verifikasi operasi bisnis,” kata Scott.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement