Advertisement

Youtube Hilangkan Fitur Dislike, Ini Alasannya

Akbar Evandio
Kamis, 01 April 2021 - 11:17 WIB
Sunartono
Youtube Hilangkan Fitur Dislike, Ini Alasannya Logo Video Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Situs web berbagi video, YouTube mengumumkan untuk menyembunyikan fitur dislike (ketidaksukaan) di platform mereka.

Dikutip melalui Twitter resminya, Youtube menjelaskan tujuan perusahaan melakukan langkah tersebut adalah untuk mencegah agar ketidaksukaan massal dan mungkin sengaja dilakukan untuk merendahkan video dari para pembuat konten.

Advertisement

"Dalam menanggapi umpan balik pembuat konten seputar ketidaksukaan bertarget, kami menguji beberapa desain baru yang tidak menunjukkan jumlah ketidaksukaan publik," tulis YouTube seperti dikutip JIBI/Bisnis, Kamis (1/4/2021).

BACA JUGA : Channel Youtube Visiting Jogja Tayangkan Kontemplasi

Dalam eksperimen ini, mereka menyebut statistik dari fitur like (suka) dan dislike (tidak suka) dapat dilihat di halaman masing-masing kreator YouTube Studio, akan tetapi hanya jumlah like saja yang akan ditampilkan secara pubik di setiap video yang dibuat oleh mereka.

Lebih lanjut, YouTube menjelaskan bahwa dislike dapat berdampak negatif pada kesehatan mental pembuat konten dan bisa juga memotivasi munculnya kampanye untuk tidak menyukai sebuah konten tertentu.

BACA JUGA : Mudah, Ini 4 Cara Download Video YouTube Tanpa Aplikasi

Para pembuat konten dapat mengandalkan fitur jumlah suka dan tidak suka sebagai bentuk masukan untuk memandu hasil kreatif mereka. Namun, di sisi lain, dianggap mudah untuk menyalahgunakan fitur tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement