Kelangkaan Material, Apple Tunda Produksi iPad dan MacBook

Sejak diluncurkan sekitar 4 tahun lalu, iMac Pro tidak mendapatkan peningkatan dari segi perangkat keras. - Apple
13 April 2021 09:57 WIB Akbar Evandio Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Kelangkaan material membuat perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS), Apple harus menunda produksi iPad dan MacBook mereka pada tahun ini.

Dikutip melalui The Verge, indikasi penundaan tersebut kuat disebabkan oleh kelangkaan cip (chipset) yang akan dipasang ke perangkat tersebut, di mana Apple pun memprediksi perusahaan mengalami kesulitan akibat kelangkaan material hingga semester I/2021

Namun sayangnya, hingga saat ini masih belum diketahui model MacBook atau iPad mana yang akan terpengaruh. Selain itu, masih belum ada kejelasan apakah Apple akan benar-benar memberhentikan produksi kedua produk tersebut atau membatasi produksinya.

BACA JUGA : Wah, Diam-Diam Apple Siapkan Prototype Layar Lipat

"Perusahaan menghadapi masalah rantai pasokan," dikutip dari The Verge pada Selasa (13/4/2021).

Sekadar catatan, kinerja Apple tahun lalu ditopang oleh penjualan perangkatnya. Berdasarkan data Canalys, jumlah pengiriman ponsel Apple melampaui Samsung pada kuartal IV/2020.

Untuk penjualan iPad secara global juga naik 41 persen. Kemudian, untuk Macbook penjualannya turut naik hingga 21 persen, di mana total ada 1,65 miliar perangkat Apple yang terpasang per tahun lalu.

BACA JUGA : Apple Diam-Diam Kembangkan Kacamata VR 

Sedangkan, khusus untuk iPhone, basis penggunanya lebih dari 1 miliar di mana pengiriman gawai Apple naik 4 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 81,8 juta.

Sumber : The Verge