Advertisement

10 Tahun Lagi, Ilmuwan Dapat Deteksi Tanda-tanda Kehidupan di Luar Bumi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 19 April 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
10 Tahun Lagi, Ilmuwan Dapat Deteksi Tanda-tanda Kehidupan di Luar Bumi Tata Surya - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Penelitian menunjukkan bahwa teleskop baru dapat mendeteksi tanda kehidupan di planet lain hanya dalam waktu 60 jam.

"Yang benar-benar mengejutkan saya tentang hasil ini adalah bahwa kami mungkin secara realistis menemukan tanda-tanda kehidupan di planet lain dalam 5 hingga 10 tahun mendatang," kata Caprice Phillips, seorang mahasiswa pascasarjana di The Ohio State University.

Advertisement

Planet katai gas memiliki potensi untuk menunjang kehidupan. Tetapi karena tidak ada super-Earth atau mini-Neptunes yang ada di dalam tata surya kita, para ilmuwan berjuang untuk menentukan apakah atmosfer mereka mengandung amonia dan tanda-tanda potensial makhluk hidup lainnya.

Phillips menghitung bahwa ketika James Webb Space Telescope diluncurkan Oktober ini, ia dapat dengan mudah mendeteksi amonia di sekitar enam planet katai gas hanya setelah beberapa orbit.

Dia dan timnya memodelkan bagaimana instrumen JWST akan menanggapi berbagai awan dan kondisi atmosfer, kemudian membuat daftar peringkat di mana teleskop harus mencari kehidupan.

"Umat manusia telah merenungkan pertanyaan, 'Apakah kita sendirian? Apa itu hidup? Apakah kehidupan di tempat lain serupa dengan kita?'" Kata Phillips. "Penelitian saya menunjukkan bahwa untuk pertama kalinya, kami memiliki pengetahuan ilmiah dan kemampuan teknologi untuk secara realistis mulai menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini." paparnya dilansir dari phsy.org

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement