Keren! Apple Rilis iOS 14.5, Apa Saja yang Diperbaharui?

Ilustrasi - Reuters
29 April 2021 01:37 WIB Laurensia Felise Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Bersamaan dengan sistem operasi untuk perangkat laptop dan komputer Mac yang diperbaharui melalui macOS 11.3, Apple ikut meluncurkan pembaharuan iOS 14.5 khusus iPhone dan iPad.

Berdasarkan laporan BBC, Rabu (28/04/2021), pembaharuan pada perangkat ponsel dan tablet ini menghadirkan berbagai pembaharuan di dalam sistem operasinya seperti Transparansi Pelacakan Aplikasi yang merupakan fitur terbaru di dalam iOS ini. Fitur ini mengharuskan pengguna untuk ikut serta atau mengizinkan pelacakan jika ingin aktivitas daring mereka dilacak berbagai perusahaan.

Tidak hanya itu, berikut beberapa hal yang menarik di dalam pembaharuan terbaru kali ini.

1. Buka kunci ponsel iPhone ketika menggunakan masker

Sistem operasi Apple terbaru memperbolehkan penggunannya untuk membuka kunci ponsel ketika menggunakan masker. Sebelumnya, sistem pendeteksian wajah Apple tidak bekerja ketika pengguna memakai masker.

Tidak hanya itu, sistem ini juga melibatkan pengguna untuk memiliki sebuah Apple Watch, di mana dengan penggunaan jam yang didekatkan dengan ponsel mempermudah pengguna membuka kunci ponsel hanya dengan melirik iPhone mereka dan mereka akan menerima umpan balik dari jam tersebut.

2. Fitur Transparansi Pelacakan Aplikasi (App Tracking Transparency)

Pembaharuan terbaru ini memunculkan dialoh ketika pengguna mengunduh sebuah aplikasi yang meminta pengguna menyetujui aplikasi untuk melacak aktivitas daringnya.Data ini nantinya digunakan untuk menargetkan iklan berbasis dari perilaku tersebut oleh berbagai perusahaan seperti Facebook.

Motif ini telah dipertanyakan sejumlah pihak seiring dengan keinginan Facebook untuk melobi perubahan baru itu mengingat uang yang dibebankan unutk iklan ini akan menurun jika raksasa media sosial tersebut sedikit mengetahui perilaku penggunanya.

3. Emoji Baru

Apple merilis beberapa emoji baru dalam pembaharuannya. Sebut saja emoji baru yang menunjukkan beberapa orang dari berbagai warna kulit untuk emoji "pasangan yang berciuman" dan emoji "pasangan dengan hati". Ada pun emoji tambahannya adalah wajah dengan mata spiral, wajah menghela nafas, wajah di dalam awan, hati yang terbakar api, hati yang diperban, perempuan dengan jenggot, dan lain-lain.

4. Suara pada asisten Siri

Apple menyebutkan suara untuk asisten Siri dirancang lebih bervariasi dibanding sebelumnya dan menyebutkan tidak ada lagi suara standar untuk Siri. Ini membuat pengguna bisa memilih suara apa saja yang ingin mereka gunakan ketika mereka memulai penyesuaian gawai mereka.

"Dalam bahasa Inggris, pengguna bisa memilih opsi suara yang beragam. Berbagai suara Siri menggunakan Teks Neural daripada teknologi Wicara untuk menghasilkan suara yang orisinil," ujar Apple.

Pembaharuan suara ini menunjukkan komitmen raksasa teknologi itu untuk menciptakan keragaman dan inklusi bagi penggunanya. Akan tetapi, hal ini dikritik sebagian pengguna karena kurang vokalnya Apple terhadap perilaku pemerintah China terhadap masyarakat Uighur mengingat sebagain besar produksi gawai Apple berpusat di China.

5. AirTags

AirTags merupakan salah satu produk terbaru yang diluncurkan Apple yang nantinya akan bekerja ketika dipasangkan dengan gawai dengan sistem operasi terbaru kali ini.

Produk berbentuk cakram kecil itu bisa dipasangkan pada beberapa tempat seperti dompet dan kunci. Produk ini mempermudah pencarian barang melalui aplikasi Find My. Diketahui produk ini memiliki kemiripan dengan produk "Tile" yang dirilis perusahaan lain, membuatnya sempat dikritisi oleh pejabat Senat karena meniru ide Tile.

Perwakilan Tile, Kirsten Daru, menyebut bahwa pihaknya menyambut baik persaingan yang adil dan ide Apple dalam bersaing secara paten dianggap tidak adil. Ia juga menuduh Apple berupaya mencegah Time untuk menggunakan teknologi di balik fungsi Find My, sehingga memberikan AirTags kesempatan yang tidak seimbang.

Sumber : Bisnis.com