Advertisement

Pimpin Pasar Tablet Global, Apple Dibuntuti Samsung

Syaiful Millah
Sabtu, 01 Mei 2021 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Pimpin Pasar Tablet Global, Apple Dibuntuti Samsung Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). - Bloomberg/Toru Hanai

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Firma riset IDC dan Strategy Analytics menobatkan raksasa teknologi Apple sebagai pemimpin pasar global perangkat tablet. 

Dilansir Gadgets Now, Sabtu (1/5/2021) IDC menyatakan Apple telah mengirimkan sekitar 12,7 juta unit iPad pada kuartal pertama tahun ini. 

Advertisement

Angka itu diperkirakan naik sebesar 64,3 persen dari tahun lalu. Sementara itu, Strategy Analytics menyatakan Apple mengirimkan 16,8 juta unit pada periode yang sama. 

Data kedua firma riset itu juga menunjukkan bahwa Samsung berada di posisi kedua. IDC mencatat perusahaan asal Korea Selatan itu mengirimkan 8 juta unit dan Strategy Analytics mencatat pengiriman 8,3 juta produk. 

Posisi selanjutnya adalah Lenovo yang dilaporkan keduanya mengirimkan sekitar 3,8 juta unit. Selain itu, ada Amazon yang menurut IDC mencatatkan pengiriman sebanyak 3,5 juta produk tablet. 

Huawei menempati posisi kelima pada daftar kedua lembaga riset tersebut. IDC mengklaim raksasa China itu melakukan pengiriman 2 juta uni dan Strategy Analytics mencatat 2,7 juta tablet secara globa. 

Berdasarkan laporan IDC, pasar tablet global pada kuartal pertama tahun ini naik 55,2 persen secara tahunan dengan pengiriman total sebanyak 39,9 juta perangkat. 

Adapun, Strategy Analytics mengatakan pertumbuhan pasar tablet pada periode yang sama merupakan level tertinggi dalam 8 tahun terakhir. Mereka mencatat bahwa pandemi menjadi faktor pendorong peningkatan signifikan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement