Pimpin Pasar Tablet Global, Apple Dibuntuti Samsung

Siluet karyawan yang menggunakan masker di depan logo Apple Inc. yang ditutup sementara karena corona virus di Ginza Tokyo, Jepang, Minggu (15/3/2020). - Bloomberg/Toru Hanai
01 Mei 2021 18:47 WIB Syaiful Millah Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Firma riset IDC dan Strategy Analytics menobatkan raksasa teknologi Apple sebagai pemimpin pasar global perangkat tablet. 

Dilansir Gadgets Now, Sabtu (1/5/2021) IDC menyatakan Apple telah mengirimkan sekitar 12,7 juta unit iPad pada kuartal pertama tahun ini. 

Angka itu diperkirakan naik sebesar 64,3 persen dari tahun lalu. Sementara itu, Strategy Analytics menyatakan Apple mengirimkan 16,8 juta unit pada periode yang sama. 

Data kedua firma riset itu juga menunjukkan bahwa Samsung berada di posisi kedua. IDC mencatat perusahaan asal Korea Selatan itu mengirimkan 8 juta unit dan Strategy Analytics mencatat pengiriman 8,3 juta produk. 

Posisi selanjutnya adalah Lenovo yang dilaporkan keduanya mengirimkan sekitar 3,8 juta unit. Selain itu, ada Amazon yang menurut IDC mencatatkan pengiriman sebanyak 3,5 juta produk tablet. 

Huawei menempati posisi kelima pada daftar kedua lembaga riset tersebut. IDC mengklaim raksasa China itu melakukan pengiriman 2 juta uni dan Strategy Analytics mencatat 2,7 juta tablet secara globa. 

Berdasarkan laporan IDC, pasar tablet global pada kuartal pertama tahun ini naik 55,2 persen secara tahunan dengan pengiriman total sebanyak 39,9 juta perangkat. 

Adapun, Strategy Analytics mengatakan pertumbuhan pasar tablet pada periode yang sama merupakan level tertinggi dalam 8 tahun terakhir. Mereka mencatat bahwa pandemi menjadi faktor pendorong peningkatan signifikan ini.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia