Advertisement

Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Smartphone Ditemukan

Syaiful Millah
Rabu, 05 Mei 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
Cara Meningkatkan Masa Pakai Baterai Smartphone Ditemukan Wanita memegang smartphone dengan aplikasi dompet digital. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Para peneliti dari Japan Advanced Institute of Science and Technology menemukan cara meningkatkan masa pakai baterai di smartphone secara signifikan. 

Penemuan ini dapat memecahkan masalah yang berulang bagi siapa saja yang memiliki ponsel pintar, karena baterai menurun seiring dengan waktu membuat masa pakai ponsel secara otomatis juga berkurang. 

Advertisement

Para ilmuwan mengatakan kesalahan sebagian besar terletak pada desain baterai lithium-ion yang memberi daya pada smartphone, karena baterai ini menunjukkan penurunan seiring berjalannya waktu. 

Dilansir Gadgets Now, Rabu (5/5/2021), penelitian yang diipimpin oleh Noriyoshi Matsumi menemukan anoda grafit (terminat negatif) yang banyak digunakan dalam baterai membutuhkan pengikut untuk menahan mineral. 

Akan tetapi, pengikat poli (vinilidena flourida) yang saat ini digunakan memiliki beberapa kelamahan yang mengurangi posisinya sebagai bahan pengikat yang ideal. 

Para peneliti sedang menyelidiki jenis pengikat baru yang terbuat dari kopolimer bis-imino-acenaphthenequinone-paraphenylene (BP), yang mereka yakini dapat mengatasi masalah baterai pada smartphone. 

Mereka mengatakan penelitian dapat memiliki konsekuensi yang luas karena sistem cadangan yang lebih andal dapat mendorong konsumen untuk berinvestasi lebih banyak dalam aset mahal, seperti kendaraan listrik. 

Penelitian utama menjelaskan bahwa sementara pengikat konvensional setengah sel hanya menunjukkan 65 persen dari kapasitas aslinya setelah 500 siklus pelepasan muatan, kopolimer BP menunjukkan resistensi 95 persen setelah 1700 siklus. 

Disebutkan juga bahwa baterai tahan lama akan membantu mereka yang mengandalkan organ buatan, selain masyarakat umum yang sangat bergantung pada smartphone, tablet, dan laptop. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement