Advertisement

Terbaru, WhatsApp Tak Akan Hapus Akun yang Tunda atau Tolak Pembaruan

JIBI
Senin, 10 Mei 2021 - 10:17 WIB
Sunartono
Terbaru, WhatsApp Tak Akan Hapus Akun yang Tunda atau Tolak Pembaruan Ilustrasi penggunaan WhatsApp Web di laptop - Bisnis / Feni Freycinetia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA -  WhatsApp memastikan tak satupun akun pengguna yang langsung kehilangan fungsinya, apalagi sampai terhapus, jika tidak menerima pembaruan kebijakan privasi yang diberlakukan di platformnya mulai 15 Mei mendatang.

Ini mengoreksi keterangan pada Februari lalu ketika WhatsApp mengumumkan menunda rencana pembaruan itu menyusul kehebohan yang terjadi.

Advertisement

"Jika Anda belum juga menerimanya pada 15 Mei nanti, WhatsApp tidak akan menghapus akun Anda tapi bagaimanapun fungsinya tidak akan penuh lagi hingga Anda setuju pembaruan," bunyi pernyataan WhatsApp di blog resminya.

BACA JUGA : Ini 5 Fitur Terbaru Whatsapp Tahun 2021

Dalam keterangan terbarunya, WhatsApp menyatakan kalau telah selama beberapa minggu memberi notifikasi yang menyediakan lebih banyak informasi tentang pembaruan kebijakan itu.

Seperti diketahui, pembaruan kebijakan privasi disebut WhatsApp hanya dilakukannya untuk opsi WhatsApp Bisnis. Aplikasi besutan Facebook ini menegaskan pesan percakapan pribadi tetap dengan enkripsi end-to-end.

"Setelah memberi setiap orang waktu untuk me-review, kami akan melanjutkan mengingatkan kepada mereka yang belum sempat melakukannya, untuk membaca dan menerimanya," kata WhatsApp sambil menambahkan, "Setelah beberapa minggu kemudian tak berubah, pesan pengingat yang diberikan barulah akan menjadi persisten."

Pada saat itulah, fungsi dalam platform akan mulai dibatasi dan akan dipulihkan jika pengguna setuju pembaruan kebijakan. Pembatasan berupa pengguna yang tidak akan bisa mengakses chat list, tapi masih bisa menerima panggilan suara dan panggilan video yang masuk.

Setelah beberapa minggu lagi berlalu dengan fungsi yang terbatas, pengguna kemudian menjadi tak bisa bisa menerima panggilan atau notifikasi yang masuk dan WhatsApp akan berhenti mengirim pesan dan panggilan yang tertuju kepada pengguna.

BACA JUGA : Whatsapp Uji Coba Fitur Pengubah Kecepatan Pemutar

"Jika Anda butuh bantuan mengunduh laporan akun atau menghapus akun, Anda bisa kontak kami. Tapi WhatsApp tidak akan menghapus akun kalaupun Anda tidak mau menerima pembaruan kebijakan."

WhatsApp mengingatkan pengguna untuk mempertimbangkan ulang jika berencana menghapus sendiri akunnya di Android, iPhone ataupun KaiOS. Alasannya, sekali dihapus seluruh message history tak akan bisa dipulihkan. "Akan menyingkirkan Anda dari seluruh grup WhatsApp, dan menghapus WhatsApp backup."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Masa Jabatan Lurah Diperpanjang, Apdesi Bantul: Harus Dioptimalkan Untuk Peningkatan Kinerja Lurah

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement