Telkomsel Uji Coba 5G, Ini Lokasinya!

Ilustrasi teknologi 5G. - Reuters/Yves Herman
19 Mei 2021 15:17 WIB Leo Dwi Jatmiko Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut Telkomsel sedang melakukan proses Uji Layak Operasi (ULO) teknologi 5G.

Jika ULO berjalan mulus dan lulus, kata Johnny, Telkomsel pada tahap awal akan melakukan peluncuran 5G di Jakarta. Terdapat enam lokasi residensial yang berpeluang merasakan 5G Telkomsel.

“Peluncuran [5G] di Jakarta di 6 lokasi residensial yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera,” kata Johnny kepada JIBI, Rabu (19/5/2021).

Adapun, untuk kota lainnya, kata Johnny, akan dilakukan di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar dan Balikpapan. Selanjutnya, akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya.

Mengenai ULO 5G Telkomsel, Johnny menjelaska sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk dipastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan untuk menggelar 5G, operator seluler di seluruh dunia pertama-tama harus melakukan uji coba. Telkomsel sudah melakukan uji coba sejak 2017. Salah satu uji coba komersial 5G yang dilakukan Telkomsel adalah implementasi kendaraan tanpa awak di Asian Games 2018.

Setyanto mengatakan dengan rentetan hasil uji coba yang apik, Telkomsel percaya diri untuk meloncat ke tahap selanjutnya yaitu tahap komersial. Saat ini Telkomsel dalam tahap uji layak operasi (ULO), setelah sebelumnya menyelesaikan uji layak perangkat di Dirjen SDPPI Kemenkominfo, agar bisa menawarkan 5G secara komersial.

Setyanto mengatakan untuk bisa dinyatakan layak operasi tidak mudah. Terdapat serangkaian tes yang harus dilewati oleh Telkomsel.

“Telkomsel adalah operator seluler pertama yang melakukan ULO ke Kemenkominfo. Semoga dalam waktu dekat hasilnya segera keluar. Kami rutin menjalin komunikasi dengan Kemenkominfo,” kata Setyanto kepada JIBI.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia