Advertisement

6 Lokasi Ini Jadi Tempat Uji Coba Jaringan 5G Telkomsel

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 19 Mei 2021 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
6 Lokasi Ini Jadi Tempat Uji Coba Jaringan 5G Telkomsel Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Telkomsel diketahui sedang melakukan proses Uji Layak Operasi (ULO) teknologi jaringan 5G, khususnya di Jakarta.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. Rencananya, pada tahap awal Telkomsel akan menyediakan jaringan 5G di sejumlah lokasi kawasan Jakarta.

Advertisement

“Peluncuran [5G] di Jakarta di 6 lokasi residensial yaitu Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, BSD, Widya Chandra dan Alam Sutera,” kata Johnny kepada Bisnis.com, Rabu (19/5/2021).

Dia menambahkan untuk kota lainnya akan dilakukan di Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Selanjutnya akan menyusul di berbagai kota dan lokasi prioritas lainnya.

Johnny menjelaskan sesuai ketentuan yang berlaku, setiap operator seluler yang akan memberikan layanan seluler dengan teknologi baru wajib melakukan ULO untuk dipastikan layanan seluler kepada masyarakat telah memenuhi kualitas layanan yang memadai.

Sebelumnya, Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan untuk menggelar 5G, operator seluler di seluruh dunia pertama-tama harus melakukan uji coba. Telkomsel sudah melakukan uji coba sejak 2017. Salah satu uji coba komersial 5G yang dilakukan Telkomsel adalah implementasi kendaraan tanpa awak di Asian Games 2018.

Setyanto mengatakan dengan rentetan hasil uji coba yang apik, Telkomsel percaya diri untuk meloncat ke tahap selanjutnya yaitu tahap komersial. Saat ini Telkomsel dalam tahap uji layak operasi (ULO), setelah sebelumnya menyelesaikan uji layak perangkat di Dirjen SDPPI Kemenkominfo, agar bisa menawarkan 5G secara komersial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Selama Libur Lebaran 2024, 750 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Kabupaten Bantul

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement