Ini 5 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Antarmuka aplikasi berbagi konten video TikTok. - JIBI/Bisnis.com
20 Mei 2021 16:17 WIB Mia Chitra Dinisari Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Media sosial telah menjadi sumber pendapatan bagi banyak orang. Pertumbuhan tercepat dari aplikasi sosial ini adalah TikTok.

Tiktoker Easterling menunjukkan bahwa dia benar-benar dapat menghasilkan uang dari TikTok. Faktanya, ada kalkulator uang TikTok yang memberi Anda perkiraan berapa banyak uang yang dihasilkan akun TikTok publik. Pertanyaannya menjadi, bagaimana Anda menghasilkan uang, dan berapa biayanya?

Berikut langkahnya seperti dilansir dari Forbes:

Langkah 1 : Buat merek Anda

Siapa pun yang pernah mengikuti kelas pemasaran tahu dasar-dasarnya, dan itu sama untuk bisnis apa pun yang Anda mulai. Siapa Anda, dan siapa yang akan menyukai produk Anda (target pasar)? Untuk TikTok, ini berarti Anda harus memiliki gambaran tentang jenis video yang akan Anda posting, dan konsisten. Akankah video Anda menghibur dan lucu? Atau apakah Anda mencari suasana romantis dan halus? Bagaimana Anda ingin orang (dan perusahaan yang mencari influencer) melihat Anda?

Langkah 2: Posting konten yang ingin ditonton orang

Seperti semua platform media sosial, Anda hanya sebagus konten Anda. Menjadi pemberi pengaruh sosial, baik itu di Instagram, Twitter, atau TikTok membutuhkan banyak usaha. Konten Anda harus segar, menarik, unik, dan diperbarui. Ini berarti banyak video baru, setiap hari.

Langkah 3: Dapatkan pengikut

Ini mungkin langkah yang paling penting, dan ini berasal dari melakukan Langkah 1 dan Langkah 2 dengan sangat baik. Ingat Easterling? Dia memiliki lebih dari 54 juta pengikut di TikTok. Perkiraan berkisar dari 10.000 hingga sebanyak satu juta pengikut diperlukan sebelum Anda benar-benar dapat memonetisasi akun Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan pengikut adalah dengan memahami apa yang ingin dilihat pasar target Anda, dan mengunggah konten berkualitas kepada mereka beberapa kali sehari.

Setelah Anda mencapai popularitas skala besar di TikTok, Anda dapat mulai menghasilkan uang sungguhan.

Di bawah ini adalah 5 cara untuk memperoleh penghasilan itu:

1. Pemasaran Influencer

Anda mungkin pernah mendengar ini sebelumnya, dan ini serupa di semua platform sosial. Perusahaan mempekerjakan influencer untuk menggunakan videonya guna mempromosikan produk / layanan / merek mereka, dengan harapan menghasilkan penjualan. Salah satu kampanye influencer terbesar di TikTok adalah Mucinex, yang bekerja dengan beberapa influencer untuk mempromosikan produknya di antara Halloween dan musim flu.

Di berbagai video, influencer bangun dengan penampilan seperti zombie konyol. Kemudian, mereka menangkap Mucinex. Setelah itu, video dipotong ke influencer yang tampak luar biasa dan berpakaian untuk klub. Idenya adalah bahwa Mucinex dapat membantu Anda pulih tepat waktu untuk pesta akhir pekan, bahkan jika Anda merasa seperti mati.

2. Kiriman Konten Bersponsor

Loren Grey, yang memperoleh $ 2,6 juta tahun lalu dengan lebih dari 45 juta pengikut, mendapatkan kesepakatan besar di Revlon, di mana dia membuat konten untuk akun TikTok perusahaan dan kiriman yang disponsori Revlon untuknya.

3. Barang Dagangan Bermerek

Setelah Anda menjadi bintang TikTok yang sangat populer, Anda dapat membuat lini produk riasan Anda sendiri, seperti Item Beauty, oleh Easterling.

4. Gunakan ketenaran Anda untuk meluncurkan Karir Anda

Baby Ariel, dengan 34 juta pengikut TikTok, adalah individu pertama yang melampaui tanda 20 juta pengikut di Musical.ly (sekarang TikTok), dan ketenarannya semakin meningkat dari sana. Ketenaran Ariels telah menyebabkan banyak pertunjukan di Disney Channel dan acara TV Nickelodeon.

5. Konsultan TikTok

Jika Anda ahli dalam semua hal TikTok, banyak yang membutuhkan panduan Anda. Dengan ini masih menjadi platform sosial yang relatif baru, orang akan membayar uang untuk mempekerjakan Anda sebagai konsultan untuk membantu mereka membuat strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia