Jumlah Like di Facebook dan Instagram Kini Bisa Disembunyikan

Media sosial - istimewa
27 Mei 2021 09:37 WIB Amanda Kusumawardhani Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Instagram dan Facebook mengumumkan bahwa penggunanya saat ini bisa menyembunyikan jumlah ‘like’ dalam statusnya.

Mengutip the verge, Kamis (27/5/2021), Facebook dan Instagram telah memiliki fitur untuk menyembunyikan jumlah ‘like’ di semua unggahan pengguna setelah melakukan percobaan selama bertahun-tahun.

Instagram akhirnya memiliki fitur ini setelah tekanan dari ahli kesehatan yang menyatakan opsi ‘like’ di platform tersebut telah menimbulkan kepanikan bagi penggunanya.

BACA JUGA : Bertransaksi Lewat Medsos lalu COD, Dua Pengedar

Dalam sebuah studi yang dirilis Royal Society for Public Health di Inggris pada 2017, fitur ‘like’ di Instagram berada di perangkat pertama sebagai fitur yang merusak kesehatan mental dan kehidupan anak muda.

Para ahli kesehatan berpendapat bahwa penghapusan fitur ‘like’ atau penghitungan ‘like’ akan berdampak positif dalam mengurangi kepanikan dan tekanan sosial di Facebook dan Instagram.

“Kami telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah ‘like’ untuk melihat dampaknya dalam mengurangi tekanan di Instagram. Yang kami dengar dari orang-orang dan ahli kesehatan bukan jumlah ‘like’ yang bermanfaat bagi sebagian orang dan merugikan bagi sebagian lainnya, tetapi lebih karena untuk memberikan tanda terkait apa yang sedang viral, sehingga kami memberikan opsi [untuk menyembunyikannya],” kata juru bicra Instagram.

Mulai saat ini, pengguna sudah bisa menyembunyikan jumlah ‘like’ di semua status dan feed di Instagram dan Facebook. Fitur untuk menyembuyikan jumlah ‘like’ bisa dilakukan untuk semua status atau hanya status yang diinginkan oleh pengguna.

BACA JUGA : Jumlah KSPJS Kota Jogja Meningkat

Facebook sendiri telah melakukan uji coba untuk menyembunyikan jumlah ‘like’ sejak September 2019 untuk melihat apakah hal tersebut dapat meningkatkan pengalaman penggunanya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia