Advertisement

495 Juta Serangan Siber Terjadi di Indonesia Sepanjang 2020

Rayful Mudassir
Rabu, 02 Juni 2021 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
495 Juta Serangan Siber Terjadi di Indonesia Sepanjang 2020 Ilustrasi kejahatan siber. - Reuters/Kacper Pempel

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengungkapkan 495 juta serangan siber terjadi di Indonesia pada 2020. Angka ini meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Pernyataan itu diungkapkan Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak saat penandatanganan nota kesepahaman antara Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan BSSN melalui siaran virtual, Rabu (2/6/2021).

Advertisement

Dia menjelaskan bahwa serangan siber setidaknya terbagi dua yakni secara teknis maupun sosial. Serangan pertama berupa malware, SQL injection yang menyasar celah keamanan hingga DDOS.

“Sedangkan serangan siber bersifat sosial dengan target social networking atau upaya mempengaruhi manusia pada dan melalui ruang siber,” kata Syahrul, Rabu (2/6/2021).

Menurutnya, serangan pada ruang sosial ini berkaitan dengan peperangan politik, serangan informasi, psikologi dan propaganda. Tindakan ini dinilai membahayakan persatuan Indonesia.

“Sepanjang 2020, BSSN telah mendeteksi serangan siber sebanyak lebih dari 495 juta serangan. Jumlah ini 2 kali lipat dibandingkan dengan jumlah serangan pada 2019,” terangnya.

Menyikapi kondisi itu, BSSN sedang menyusun strategi keamanan siber nasional. Rancangan aturan ini sebutnya akan diterbitkan dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres).

Selain menyangkut strategi keamanan siber nasional, Perpres itu nantinya akan membahas tentang manajemen krisis siber nasional.

“Kami berharap agar Perpres SKSN [Strategi Keamanan Siber Nasional] segera dapat disahkan akar mampu nantinya terciptanya ruang siber nasional yang aman dan kondusif bagian kemajuan bangsa dan negara kita,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Penanggulangan Kemiskinan Optimalkan Kader Khusus, Pendampingan Warga Miskin Makin Intensif

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement