Advertisement

Windows 11 Terbaru Dirilis Akhir Juni 2021, Ini Bocoran Tampilannya

Anissa Putri
Kamis, 17 Juni 2021 - 16:27 WIB
Budi Cahyana
Windows 11 Terbaru Dirilis Akhir Juni 2021, Ini Bocoran Tampilannya Bocoran tampilan Windows 11 - TheVerge

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Microsoft segera merilis Windows 11 yang tampilannya boco pertama kali di situs web dari Cina Baidu.

Kini, seluruh OS Windows 11 telah muncul secara online. OS Windows 11 lengkap dengan Interface pengguna baru, menu Start, dan masih banyak lagi.

Advertisement

Dilansir dari theverge.com, raksasa perangkat lunak Microsoft mengadakan acara khusus Windows untuk mengungkapkan OS berikutnya pada 24 Juni 2021 dan undangan acara menyertakan Windows yang membuat bayangan dengan garis besar yang terlihat seperti angka 11.

Eksekutif Microsoft juga telah menggoda pengumuman ‘generasi Windows berikutnya’ selama berbulan-bulan. Dengan bocornya informasi semakin mengonfirmasi bahwa Windows 11 akan secara resmi terungkap akhir bulan ini.

Interface pengguna Windows 11 baru dan menu Start terlihat sangat mirip dengan apa yang awalnya ditemukan di Windows 10X. Secara visual, perubahan terbesar yang terlihat dapat ditemukan di sepanjang taskbar. Microsoft telah memusatkan ikon aplikasi di sini, membersihkan tray area, dan menyertakan tombol Start dan menu baru.

Menu Start yang diperbarui ini adalah versi sederhana dari apa yang saat ini ada di Windows 10, tanpa Live Tiles. Sudah termasuk aplikasi yang disematkan, file terbaru, dan kemampuan untuk mematikan atau memulai ulang perangkat Windows 11 dengan cepat.

Jika Anda tidak ingin ikon aplikasi dan menu Start berada tengah, ada opsi untuk memindahkan semuanya kembali ke sisi kiri. Ditambah dengan mode gelap (dark mode) yang juga tersedia, Windows 11 mulai terlihat seperti versi Windows 10 yang lebih halus.

Microsoft juga menggunakan sudut membulat di seluruh Windows 11. Ini terlihat di menu Start, dan di sekitar aplikasi dan File Explorer. Ini masih merupakan bocoran versi awal dari Windows 11 dan masih banyak hal baru yang belum diketahui.

Beberapa orang mungkin telah memperhatikan ikon baru di taskbar Windows 11 dan itu diberi label Widget di sistem operasi. Lantaran merupakan versi awal Windows 11, widget tidak dimuat sepenuhnya di OS, tetapi dirancang untuk meluncur keluar dan menyediakan akses cepat ke berita, cuaca, dan konten web lainnya.

Sementara Microsoft membatalkan sistem operasi Windows 10X, perusahaan jelas menggunakan kembali sebagian besar dari pekerjaan itu dengan Windows 11. Windows 10X pada awalnya dirancang untuk perangkat layar ganda, sebelum beralih ke laptop tradisional dan kemudian dibatalkan.

Windows 10X menyertakan sejumlah aspek yang disempurnakan dan disederhanakan ke Windows, dan sebagian besar pekerjaan itu ada dalam versi Windows 11 yang telah bocor ini. Windows 11 juga menyertakan snap control baru yang dapat Anda akses dari tombol maximize di semua aplikasi. Anda dapat dengan cepat menjepret Windows secara berdampingan, atau mengaturnya dalam beberapa bagian di desktop Anda.

Sayangnya, sepertinya belum ada pembaruan besar untuk Windows Store. Karena ini adalah versi bocoran awal, kemungkinan pembaruan apa pun yang direncanakan Microsoft belum muncul disini. Interface Windows Store sebagian besar sama dengan apa yang ada di Windows 10 saat ini, dengan akses ke semua aplikasi yang sama yang tersedia saat ini.

Microsoft dilaporkan telah mengerjakan app store baru untuk Windows dalam beberapa bulan terakhir, dan rumor menunjukkan itu akan menjadi perubahan besar dari apa yang ada saat ini. CEO Microsoft Satya Nadella telah berjanji untuk membuka peluang ekonomi yang lebih besar bagi pengembang dan pencipta dengan Windows.

Microsoft dilaporkan merombak app store Windows untuk memungkinkan pengembang mengirimkan aplikasi Windows apa pun, termasuk browser seperti Chrome atau Firefox. Microsoft juga mungkin mempertimbangkan untuk mengizinkan platform perdagangan pihak ketiga dalam aplikasi, yang memungkinkan pengembang untuk menghindari pemotongan yang biasanya diambil Microsoft dari sistem pembelian dalam aplikasi.

Di tempat lain, Microsoft juga menyertakan pengalaman pengaturan baru di Windows 11. Pengalaman out-of-box ini juga mencakup suara startup Windows 11 baru, yang kemudian terpicu di setiap boot.

Microsoft juga meningkatkan pengalaman Xbox di Windows 11. Aplikasi Xbox baru sekarang terintegrasi ke Windows 11, menawarkan akses cepat ke game Xbox Game Pass, bagian sosial jaringan Xbox, dan toko Xbox. Xbox Game Bar dan Windows Game Mode semuanya tetap sama seperti Windows 10 di build awal yang bocor ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement