Fitur Instagram Music Kini Rilis di Indonesia, Begini Cara Unggah di IG Story!

Fitur baru Instagram Music dan Instagram Reels - Facebook Indonesia
23 Juni 2021 17:47 WIB Lukman Nur Hakim Tekno Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Setelah penantian panjang, akhirnya warganet Indonesia bisa merasakan fitur Instagram Music yang ada di aplikasi Instagram.

Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk memposting story di Instagram dengan menyelipkan potongan lagu di postingan IG Story mereka.

Fitur Instagram Music sebenarnya sudah ada sejak dua tahun lalu. Namun, fitur ini baru masuk dan bisa dipergunakan di Indonesia pada Rabu (23/06/21). 

Sayangnya, Instagram masih belum mendapatkan lisensi musik Indonesia dan Instagram harus mengurus izin lisensi untuk memastikan semua musik yang masuk ke Indonesia telah legal. Jangan khawatir, pengguna Instagram di Indonesia bisa menikmati fitur tersebut dengan musik-musik yang berada di fitur tersebut dengan gratis.

Sejak dua tahun lalu, sebenarnya pengguna Instagram di Indonesia bisa menyaksikan fitur Instagram musik. Namun, hanya bisa melihat videonya saja tidak bisa mendengerkan musik yang ada di dalam video tersebut. Pada posting tersebut, akan muncuk indikator teks "Instagram Music is not available in your region".

Sebelum resmi bisa digunakan di Indonesia, salah satu cara yang harus dilakukan pengguna untuk bisa mengakses dan menikmati fitur Instagram Music adalah dengan mengaktifkan Virtual Private Network (VPN). Nah, Anda bisa menggunakan fitur Instagram Music mulai hari ini hingga seterusnya. 

Berikut cara menikmati dan memakai fitur Instagram Music di IG Stories Instagram:

• Buka aplikasi Instagram, lalu pencet ‘Your Story’ atau tanda ‘(+)’ di Instagram anda untuk membuat Stories.
• Ambil foto atau rekam video sesuai dengan apa yang anda mau
• Selanjutnya, masuk ke tab "Stiker" dan tekan ikon stiker "Music".
• Setelahnya pilih lagu yang ingin dimasukkan ke dalam story. Selain itu, anda bisa mencari lagu dikolom pencarian pada fitur tersebut
• Setelah memilih, anda bisa atur durasi lagi yang ingin ditampilkan dalam story berikut dengan liriknya.
• Anda juga bisa menambahkan teks, emoji, GIF atau lainnya pada story anda.
• Setelah selesai tekan "Post".

Selamat mencoba!

Sumber : Bisnis Indonesia